Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-ApWrQ0.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Destinasi Wisata Sejarah Candi Tawangalun Di Sidoarjo

0 167

Candi Tawangalun

Candi Tawangalun merupakan salah satu tempat wisata sejarah candi peninggalan kerajaan Majapahit di Kabupaten Sidoarjo, yang terletak di Desa Buncitan Kecamatan Sedati. Mungkin di jika dari gambar serasa tidak sebegitu menarik di banding dengan candi lain pada umumnya. Namun apabila diamati secara detail nampak adanya tatanan arsitektur candi atau bangunan religious pada masa lalu.

Lokasi Candi Tawangalun

Untuk menemukan kawasan candi yang satu ini memang terbilang sedikit susah. Karena masyarakat sekitarpun jarang yang mengetahu tentang adanya candi Tawangalun. Banyak penduduk yang menunjukan Desa Tawang Alun saat ditanyai. Jarak antara Desa Tawang Alun dengan candi Tawang Alun  terbilang cukup jauh sekitar 3 Km dari arah Desa Tawang Alun kearah timur. Tepatnya candi Tawang Alun berada di desa Buncitan dan posisinya persis dibelakang kompleks Akademi Perikanan Sidoarjo (APS) Buncitan kecamatan Sedati.

Akses Menuju Candi Tawangalun

Dalam perjalanan menuju Candi Tawangalun anda akan melihat banyak banyak tambak dan yang sebetulnya di dalam tambak itu ada banyak tatanan batu – batu petilasan.Ketika memasuki kawasan Candi Tawangalun pengunjung juga akan disambut oleh bau belerang yang sedikit terasa di hidung. Karena tanah lokasi Candi Tawang Alun berada diatas gunung kecil yang mengeluarkan lumpur panas, air panas dan uap air panasnya mirip lava gunung berapi. Tak terhindarkan anda akan mendapati suasana sejuk,tenang juga akan terasa di sana. Kawasan Candi Tawangalun juga sangat cocok bagi pengunjung yang suka dengan photografi,karena dengan sedikit sentuhan profesional akan menghasilkan gambar yang bagus.

Sejarah Singkat Tentang Candi Tawangalun

Jika berbicara mengenai candi tersebut, akan terasa sangat kental dengan cerita sejarah dibangunya Candi Tawangalun masih terkait dengan raja Majapahit. Dahulu kala pada zaman kerajaan Majapahit saat pemerintahan Prabu Brawijaya II ada sebuah desa di tawang alun ada raksaksa sakti yang belum dapat di kalahkan oleh pasukan Majapahit, raksaksa tersebut bernama Resi Tawangalun. Resi Tawangalun mempunyai anak perempuan,ketika beranjak dewasa anak perempuanya mempunyai perasaan pada sang Prabu, untuk mewujudkan keinginan anaknya Resi Tawangalun menyulap anaknya menjadi putri yang sangat cantik .Kecantikan wajahnya membuat Putri Alun anak dari raksaksa terkenal ke pelosok negeri.

Source http://www.wisatasidoarjo.com http://www.wisatasidoarjo.com/wisata-sejarah-di-candi-tawangalun/
Comments
Loading...