Destinasi Wisata Rumah Keong, Belitung Timur

0 10
Dermaga Kirana, atau Rumah Rotan, atau biasa dikenal juga dengan Rumah Keong, merupakan destinasi wisata alam di daerah Belitung Timur. Lokasinya berada diseberang Replika SD Muhammadiyah Gantong, di Desa Lenggang, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur. Rumah Keong dibangun diatas danau yang disebut kolong oleh masyarakat Bangka Belitung. Kolong adalah kolam bekas penambangan timah. Destinasi ini memadukan arsitektur rotan dengan alam Desa Lenggang.
 
Pemandangan pegunungan yang indah di kejauhan serta air danau yang jernih menyambut kedatangan para wisatawan.  Mereka yang berkunjung ke lokasi ini tidak akan melewatkan waktu untuk berfoto atau sekedar duduk di sekitar dermaga sambil menikmati pemandangan air yang jernih dan tumbuhan di bawahnya. Rumah atau pondok berbentuk bulat mirip keong dibuat dari anyaman rotan. Bangunan ini menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat dan berlindung dari sinar matahari.
Lantai Rumah Keong atau Rumah Rotan itu sendiri terbuat dari papan, dibangun kira-kira satu meter di atas tanah. Lantai ini sebenarnya adalah dermaga yang dibangun membentuk jalan zigzag. Dermaga  dibangun hingga mencapai hampir ke tengah danau.  Pada ujung dermaga dapat terlihat beberapa perahu tertambat dengan latar belakang pegunungan, yang menjadi lokasi favorit untuk berfoto. Perahu tersebut  dapat digunakan jika wisatawan tertarik ingin menyusuri danau, tetapi harus didampingi oleh pemilik  perahu sebagai pendayungnya untuk alasan keamanan.

Meskipun air danau atau kolong tersebut jernih dan tenang, pengunjung dilarang berenang Selain dapat mengganggu kejernihan air di tepian, juga dikhawatirkan adanya gangguan binatang air. Selain itu, kontur dan kedalaman kolong tidak dapat diprediksi oleh wisatawan biasa. Secara umum, kedalaman danau bisa mencapai 15 meter atau lebih. Kebanyakan, kolong – kolong besar di Bangka Belitung dapat mencapai 30 meter. Untuk saat ini, tidak ada pungutan biaya bagi wisatawan yang berkunjung, kecuali biaya parkir kendaraan.
Source http://www.visitbangkabelitung.com http://www.visitbangkabelitung.com/content/dermaga-kirana
Comments
Loading...