Destinasi Wisata Religi Masjid Cheng Ho Surabaya

0 158

Masjid Cheng Ho sendiri mungkin merupakan salah satu masjid yang cukup terkenal dan sering dituju para wisatawan dari luar Surabaya. Karena masjid ini bisa dikatakan masjid yang cukup unik dari sisi arsitekturalnya. Nama masjid diambil dari nama seorang Laksamana asal China yang bernama Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho ini memeluk agama Islam dan melakukan perjalanan ke kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Misi perjalanan tersebut adalah untuk berdagang, menyebarkan agama Islam, sekaligus untuk menjalin persahabatan dengan banyak orang.

Pembangunan dari masjid ini dilakukan pada 15 Oktober 2001 yang bertepatan dengan peristiwa Isra’ Miraj Nabi Muhammad di tahun tersebut. Akan tetapi, proses pembangunan baru selesai seluruhnya pada tahun berikutnya, yaitu Oktober 2002. Sehingga bangunan ini bisa dikatakan masih merupakan Wisata Baru di Surabaya yang dibangun di atas tahun 2000-an. Pemrakarsa pembangunan masjid ini adalah berdasarkan ide pengruus Pembina Iman Tauhid Islama (PITI), serta pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho, dan juga beberapa tokoh masyarakat dari etnis Tionghoa lainnya.

Daya Tarik Masjid Cheng Ho

Serambi masjid juga memiliki 5 anak tangga yang merupakan penyimbolan dari rukun Islam yang ada lima. Adapun warna dari masjid ini ada empat yang utama, antara lain biru, hijau, kuning, dan merah. Warna ini diambil dari artikulasi Tionghoa dan juga warna yang menyimbolkan agama Islam itu sendiri. Bangunan masjid dapat mencakup jamaah sebanyak kurang lebih 200 orang. Hal menarik dari masjid ini adalah adanya relief Laksamana Muhammad Cheng Ho dengan kapalnya yang digunakan untuk menyeberangi Samudera Hindia. Dari relief ini, ada pesan tersirat bahwa umat Islam diminta untuk tetap rendah hati dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Fasilitas Masjid Cheng Ho

Fasilitas yang ada di dalam Wisata Masjid Cheng Ho Surabaya ini sendiri bukan hanya bangunan ibadah atau ruang untuk sholat saja. Lebih dari itu disana juga ada sekolah TK, bagian kantor, lapangan untuk olahraga, dan juga tempat yang digunakan untuk kursus bahasa Mandarin. Ada juga kantin yang bisa digunakan untuk makan. Adanya masjid ini bukan hanya bermanfaat untuk pariwisata saja. Masyarakat sekitar pun bisa memanfaatkan masjid ini untuk kegiatan ibadah. Dan ketika lebaran, masjid ini sering dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan bakti sosial.

Akses Menuju Masjid Cheng Ho

Lokasi dari Wisata Masjid Cheng Ho Surabaya ini sendiri sangat mudah untuk dijangkau, yaitu di Jalan Gading No. 2, Ketabang, Genteng, Surabaya. Posisinya ada kurang lebih 1 km dari Gedung Balaikota Surabaya. Anda bisa menuju ke sana melalui Jalan Taman Kusuma Bangsa atau Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.

Source https://tempatwisataunik.com https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/jawa-timur/wisata-masjid-cheng-ho-surabaya
Comments
Loading...