Destinasi Wisata Religi Masjid Azizi di Tanjung Pura, Langkat

0 12

Masjid Azizi Tanjung Pura

Masjid Azizi terletak di Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. Daerah dengan peninggalan sejarah kebudayaan melayu yang begitu kental. Dari Kota Medan, dengan kenderaan bermotor kita hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk dapat tiba di Tanjung Pura, Langkat. Masjid peninggalan Kesultanan Langkat ini terletak di tepi jalan lintas sumatera yang menghubungkan Medan dengan Banda Aceh. Karena letaknya yang yang berada di tepi jalan lintas sumatera, masjid ini cukup ramai disinggahi para pemudik, pelancong, sekaligus mereka yang ingin beribadah dan beristirahat sejenak disini.

Mulai dibangun pada masa Sultan Langkat Haji Musa pada Tahun 1899, kemudian selesai dan diresmikan oleh putranya, Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmatsjah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh tanggal 13 Juni 1902 Masehi.

Pembangunan masjid ini didasari atas anjuran Syekh Abdul Wahab Babussalam kepada Sultan Musa di tahun 1899 Masehi, atau setidaknya setelah 149 tahun langkat berdiri sebagai kesultanan. Menghabiskan dana pembangunan sekitar 200.000 ringgit, Masjid Azizi memiliki gaya arsitektur campuran Tiongkok, Persia, Timur Tengah, dan tentu saja Melayu sendiri. Bangunan induk berukuran 25 × 25 m dan tinggi ± 30 m.

Keindahan arsitektur Masjid Azizi ini menginspirasi Tunku Mahmud Ibni Almarhum Sultan Tajuddin Mukarram Shah, Sultan Negeri Kedah, Malaysia untuk mendirikan Masjid Zahir yang saat ini merupakan salah satu Masjid tertua dan termegah yang masih beridiri di negara jiran tersebut. Masjid Azizi berdiri diatas tanah seluas 18.000 meter persegi.  Keindahan Masjid Azizi menjadi saksi bisu kejayaan Negeri Langkat. Karena Langkat pada masa lampau merupakan negeri kaya di pantai timur Sumatera Utara. Negeri dimana eksplorasi minyak bumi pertama di Indonesia dilakukan dan menjadi cikal bakal Perusahaan Tambang Minyak Negara (Pertamina).

Source https://eljohnnews.com https://eljohnnews.com/mengenal-destinasi-wisata-religi-masjid-azizi-di-tanjung-pura-langkat/
Comments
Loading...