Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-a5iAkl.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Destinasi Wisata Puncak Giri Sarangan di Gunungkidul

0 134

Puncak Giri Sarangan 

Puncak Giri Sarangan ini merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang terletak tidak jauh dari pantai sarangan lebih tepatnya berada di sebelah baratnya. Di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sarangan sebuah pantai yang tidak terlalu luas ini terletak di sebelah barat pantai Krakal. Seperti kebanyakan pantai di Gunungkidul, di sini Anda akan mendapati pantai dengan hamparan pasir putih. Yang membedakannya dengan pantai lainnya adalah keberadaan bukit kapur di sisi barat pantai yang bernama Giri Sarangan.

Karena menjadi daya tarik tersendiri, pada tahun 2012 yang lalu pemerintah Kabupaten Gunungkidul membangun akses jalan menuju puncak tersebut. Jalan sepanjang kurang lebih 200 meter tersebut sudah diperkeras dengan cor, dan kendaraan roda dua pun bisa dikendarai sampai puncak bukit. Di atas Puncak Giri Sarangan terdapat semacam pelataran cukup lebar yang digunakan untuk menyaksikan pemandangan laut lepas, dan deretan pantai yang ada di sekitar pantai Sarangan.

Dari sini anda bisa menyaksikan pemandangan pantai Krakal, Pantai Slili, Pantai Sadranan, Pantai Ngandong, Pantai Sundak, Pantai Song Mandeng, dan Pantai Pulang Sawal. Bahkan Bukit Parang Racuk di sebelah barat Pantai Baron juga bisa disaksikan. Pemandangan hamparan tumbuhan hijau di perbukitan sebelah utara dan pemukiman penduduk juga tidak kalah indahnya.

Karena memiliki pemandangan yang menawan, lokasi ini menjadi spot foto favorit para wisatawan saat berkunjung ke kawasan pesisir selatan Gunungkidul. Jika menjelang sore Puncak Giri Sarangan ini menjadi ramai dikunjungi oleh para wisatawan maupun warga sekitar untuk menikmati angin sore. Jika sedang beruntung (saat tidak mendung/hujan) Anda bisa menyaksikan sunset yang indah karena pemandangannya sangat luas tanpa penghalang.

Untuk menikmati keindahan pesisir selatan Gunungkidul dari Puncak Giri Sarangan Anda tidak dipungut biaya. Anda hanya perlu membayar retribusi masuk kawasan wisata pantai Gunungkidul sebesar Rp10 ribu dan bisa menikmati beberapa pantai sekaligus. Fasilitas di kawasan pantai Sarangan cukup lengkap, ada tempat ibadah, kamar mandi, penginapan juga warung penjaja makanan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/yogyakarta/puncak-giri-sarangan-pemandangan-menawan-di-yogyakarta.html
Comments
Loading...