Destinasi Wisata Pulau Oar di Pandeglang

0 129

Pulau Oar

Pulau Oar merupakan salah satu wisata alam yang berlokasi di Desa Sumur, Pandeglang, Banten. Menurut penuturan warga sekitar, Desa Sumur ini masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Untuk menuju pulau ini, jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 jam. Perjalanan sepanjang 71 km ini dapat ditempuh dengan menggunakan rute perjalanan Jakarta-Pantai Anyer-Pantai Carita.

Kemudian ikuti saja papan petunjuk jalan untuk menuju Labuan, dan lanjutkan dengan mengikuti jalan hingga tiba di Desa Sumur. Sesampainya di Desa Sumur, jika Anda membawa kendaraan bermotor, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di area parkir pelelangan ikan atau di rumah warga. Namun, untuk meminimalkan pengeluaran, disarankan memarkir kendaraan di rumah warga sekitar karena mereka hanya meminta tarif parkir seikhlasnya dari pengunjung.

Untuk menyeberang ke Pulau Oar dari Desa Sumur, wisatawan memang memerlukan perahu. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan jasa para nelayan setempat untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Mengenai tarif atau biaya penyeberangan, Anda bisa melakukan negosiasi dengan nelayan. Untuk kisaran, tarif penyeberangan ke Pulau Oar dari Desa Sumur menggunakan perahu nelayan adalah sebesar Rp500.000 untuk 9 orang. Biaya ini sudah termasuk tarif pulang-pergi, biaya masuk pulau, dan izin untuk camping. Sementara, jika Anda hanya membutuhkan tumpangan untuk menyeberang, Anda cukup merogoh kocek Rp250000 per kapal berisi 10 orang untuk pulang-pergi.

Waktu yang diperlukan untuk menyeberang ke Pulau Oar tidak terlalu lama, yaitu sekitar 15 menit sampai 20 menit. Letaknya yang tidak jauh dari Pulau Umang membuat Pulau Oar memiliki suasana yang hampir tidak berbeda dengan pulau populer tersebut. Meski demikian, jika dibandingkan dengan wisata pantai di Banten lainnya yang rata-rata sudah tercemar, maka kondisi pantai di Pulau Oar cenderung lebih bersih dengan perairan yang cukup jernih. Gradasi warna biru air laut di pantai ini dijamin bakal membuat pikiran para wisatawan rileks.

Pulau Oar sendiri hanya memiliki luas 5,2 meter persegi, sehingga Anda tidak perlu waktu lama jika ingin berkeliling pulau, yaitu sekitar 45 menit sampai 60 menit. Dengan komposisi pulau yang terdapat hutan, semak belukar, dan beberapa lokasi yang banyak ditumbuhi hutan bakau, trekking atau berjalan kaki menyusuri kawasan pulau menjadi kegiatan yang sangat seru.

Source https://penginapan.net https://penginapan.net/biaya-dan-fasilitas-penginapan-di-pulau-oar-banten/
Comments
Loading...