Destinasi Wisata Pulau Merak Kecil di Cilegon

0 71

Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil merupakan salah aatu destinasi wisata alam yang ada di Mekarsari, Pulomerak, Kota Cilegon, Banten 42438. Pulau Merak Kecil dan Pulau Merak Besar. Kedua pulau tersebut jaraknya tidak terlalu jauh dari daratan, hanya butuh waktu beberapa menit menuju lokasi indah tersebut menggunakan perahu nelayan. Untuk menuju Pulau Merak Kecil hanya butuh sekitar 10 menit perjalanan, bahkan mungkin bisa kurang jika ditempuh dengan kapal cepat.

Pulau memang selalu memiliki pesona tersendiri, seperti halnya Pulau Merak Kecil yang pesonanya kini menarik perhatian para pengunjung baik dari warga Merak maupun luar daerah Merak. Pulau tak berpenghuni itu kini banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran ingin melihat keindahan pulau kecil tersebut.

Pulau Merak Kecil memang memiliki keindahan luar biasa, pasir putihnya yang bercampur dengan karang-karang kecil menambah cantik pulau tersebut. Selain itu, di satu sudut pulau terdapat hamparan batu membentuk bak anak tangga. Di lokasi itu juga terdapat habitat monyet. Tak jarang monyet-monyet menampakkan diri saat ramai pengunjung. Belum lagi terumbu karang yang cantik dengan ikan-ikan laut yang kaya warna juga menambah daya tarik pulau tersebut.

Kini Pulau Merak Kecil sering dikunjungi wisatawan terutama saat akhir pekan. Pengunjung menyewa perahu nelayan untuk diantarkan ke pulau dan dijemput kembali setelah puas menikmati keindahan pulau. Namun, kondisi tersebut justru mengancam kelestarian Pulau Merak Kecil, karena ada saja pengunjung yang meninggalkan sampahnya sembarangan. Meskipun telah disediakan tempat penampungan sampah di pulau tersebut. Seharusnya pengunjung turut menjaga kelestarian dan keindahan Pulau Merak Kecil dengan tidak meninggalkan sampah dan tidak mengambil apapun kecuali foto.

Untuk tetap menjaga kelestarian Pulau Merak Kecil, Komunitas Krakatau Fin Swiming (KFS) yang beranggotakan sekitar 70 orang dengan yang beragam profesi mulai dari dokter, direktur, TNI, Polri, purnawirawan, pengusaha, mahasiswa, pelajar dan sebagainya mereka berupaya membersihkan pulau dari sampah setiap akhir pekan. Komunitas pecinta pulau dan lautan yang berada di bawah naungan Lanal dan Badan Pembina olah raga KS ini juga tidak datang ke Pulau Merak Kecil dengan perahu atau kendaraan laut lainnya. Melainkan mereka berenang dari daratan sampai ke pulau.

Source https://www.kabar-banten.com https://www.kabar-banten.com/pesona-pulau-merak-kecil/
Comments
Loading...