Destinasi Wisata Pulau Kenawa, di Sumbawa

0 14

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa merupakan salah satu destinasi wisata pulau kecil yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Terletak di bagian tengah pulau Pulau Kenawa adalah pulau tropis yang sangat indah dan mengagumkan. Pulau Kenawa hanya memiliki luas 13 hektar dan merupakan pulau tak berpenghuni. Untuk menuju Pulau Kenawa Anda bisa berangkat dari pelabuhan lombok Cina timur dengan menggunakan perahu Fery yang bisa menempuh perjalanan sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan ke pelabuhan pototano.

 

Di Pulau Kenawa, Anda akan disambut dengan pemandangan yang indah, ditambah pasir putih yang terbentang di setiap sisinya serta padang rumput dengan rumput tinggi di tengahnya. Pulau ini juga tidak memiliki sumber listrik dan air bersih. Kondisi ini membuat pulau ini tidak memiliki banyak fasilitas pendukung. Hanya ada saung saung sederhana yang dibangun untuk duduk dan menggelar tikar.

Daya Tarik Pulau Kenawa

Pulau Kenawa sebenarnya hanya berbentuk sebuah pulau kecil di tengah laut dengan dataran rendah yang ditata di hamparan rumput hias dan sava sawah yang indah. Meski begitu rumputnya empuk, sehingga para pencari tidak perlu khawatir karena jika terkena kulit tidak akan terasa tajam. Maka tidak mengherankan, bergulir di padang rumput di Pulau Kenawa ini terasa sangat nyaman. Pulau Kenawa pernah dijadikan syuting film layar lebar bertajuk kumbang tentara.

Di tengah pulau ini ada sebuah bukit kecil yang cocok untuk melihat momen emas seperti matahari terbenam, bintang dan matahari terbit. Dari puncak bukit, hamparan laut biru sangat indah, beberapa kapal nelayan yang melintas di sekitar pulau ini, Anda juga bisa melihat lalu lintas kapal Ferry membawa penumpang dari Pulau Lombok ke Pulau Sumbawa. Jika Anda mengarahkan pandangan ke arah barat, tampaknya gunung Rinjani berdiri anggun, sedangkan di timur ada kelompok pegunungan di pulau Sumbawa.

Keindahan Pulau Kenawa

Pulau Kenawa tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, namun juga memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah. Disini Anda akan dengan mudah berbagai jenis hewan laut seperti bintang laut, kuda laut, kepiting, berbagai jenis ikan yang lucu, dan banyak lainnya. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di sini. Dari sekedar menikmati hamparan padang rumput yang indah, berjemur di bawah sinar matahari yang hangat, menyusuri pantai berpasir putih, berenang di air laut yang jernih, hingga snorkeling atau menyelam juga bisa dilakukan di pulau ini.

Bagi anda yang ingin snorkeling disarankan membawa perlengkapan sendiri, karena di Pulau Kenawa tidak ada tempat sewaan. Pulau ini masih sangat perawan dan menjadi incaran berbagai investor yang tergoda untuk potensi keindahannya. Jika Anda datang berkunjung ke sini, mendirikan tenda atau tidur di saung adalah apa yang bisa dilakukan. Karena tidak ada fasilitas penginapan disini. Tapi justru itulah yang menjadi menarik dan daya tariknya, sangat alami.

Rute Menuju Pulau Kenawa

Jika Anda berniat mengunjungi pulau Kenawa yang menakjubkan ini, berikut adalah rute yang bisa diikuti. Rute ini memiliki titik awal dari Bandara Internasional Lombok. Anda bisa menggunakan bus sialan yang banyak beroperasi ke kolam renang yang ada di daerah Sweta. Setelah sampai di Sweta Anda bisa menyewa kendaraan berikutnya ke Pelabuhan Kayangan.

Dari Pelabuhan Kayangan di Lombok tujuan selanjutnya adalah Pelabuhan Pototano di Sumbawa. Dengan menggunakan kapal feri Anda bisa menyeberang dengan jadwal reguler setiap jam, selama 24 jam. Dengan perjalanan panjang hanya sekitar 2 jam saja dan tarif perjalanannya murah. Dari Pelabuhan Pototano, perjalanan dilanjutkan ke Dermaga Kenawa. Dari situ anda bisa menggunakan ojek dengan perkiraan biaya tidak lebih dari 10 ribu rupiah. Hanya dari Dermaga kenawa Anda bisa menyeberang ke Pulau Kenawa dengan menyewa kapal.

Source http://www.wisataterindah.net http://www.wisataterindah.net/pantai-pulau-kenawa/
Comments
Loading...