Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-5lNBut.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Destinasi Wisata Pembuatan Baju Kulit Kayu Khas Luwu Utara

Rumah Adat dan Pakaian Adat Suku Rampi, di Desa Onondowa, Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Tempo/IRMAWATI
0 50

Pesona Luwu Utara tak ada habisnya, Luwu Utara adalah daerah yang kaya. Tidak hanya dari hasil bumi saja tapi juga kaya dengan seni dan budayanya. Keanekaragaman seni dan budaya menjadi ciri khas dari masing-masing suku yang ada di Kabupaten Luwu Utara. Salah satunya dari warga Rampi.

Rampi ibarat ‘surga kecil’ potensi wisata yang tersembunyi di wilayah pegunungan. Sebagai bagian salah satu destinasi wisata yang ada di Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Rampi memiliki gunung yang mempesona. Selain itu, daerah ini dikenal dengan berbagai ritual adatnya, dan yang paling menarik adalah pakaian adat yang terbuat dari Kulit Kayu asli.

Baju kulit kayu tersebut terbuat dari kulit pohon beringin dan memiliki motif dan ciri khas tersendiri. Untuk mendapatkan satu meter kain persegi, dibutuhkan waktu sekitar dua pekan untuk pembuatannya. Harga produksinya pun sekitar Rp250 ribu untuk satu meter itu.

Pembuatan baju itu pun membutuhkan waktu yang tak singkat, butuh waktu sekitar dua bulan. Kulit yang baru datang ditumbuk dan dimasak.

Tak perlu khawatir jika ingin ke Kecamatan Rampi, karena diwilayah ini terdapat bandara dan dilalui oleh pesawat penumpang. Perjalanan lewat udara memakan waktu 30 menit dari ibukota Kabupaten Luwu Utara, Masamba. Sedangkan melalui darat dapat mencapai 10 jam perjalanan.

Source http://fajaronline.co.id http://fajaronline.co.id/index.php?/2016/12/25/baju-kulit-kayu-khas-luwu-utara
Comments
Loading...