Destinasi Wisata Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk

Pengunjung berendam di lokasi pemandian alam air panas Lau Sidebuk-Debuk, Brastagi, Karo, Sumatera Utara, Minggu (26/2). Pemandian alam yang berada di dekat kaki Gunung Sibayak tersebut, menjadi salah satu objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan di Karo. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/pd/17
0 18

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk

Destinasi wisata yang satu ini bernama kolam air panas alam Lau Debuk-debuk. Terletak di Desa Doulu, Kecamatan Brastagi, lokasinya terbilang mudah dicapai. Terletak tidak jauh dari jalan utama yang menghubungkan Kota Medan dengan Brastagi, tepatnya di Kilometer 55.

Kolam air panas alam Lau Debuk-debuk itu memiliki luas 7 hektare. Dilengkapi arena parkir yang cukup memadai, shelter, dan kamar mandi. Dulu tempat tersebut hanya berupa aliran air alami saja, tetapi pihak pemerintah telah membuat kolam dari semen untuk membantu kenyamanan pengunjung.

Tak ubahnya dengan fasilitas spa modern yang terdapat di banyak hotel berbintang, berendam di air dengan suhu 40 derajat Celcius yang mengandung belerang sekitar 16 persen, memang dianjurkan tidak boleh terlalu lama, cukup maksimal setengah jam saja. Namun itu sudah cukup menyegarkan tubuh kembali.

Apalagi berendam di air yang mengandung belerang juga mempunyai banyak manfaat. Dapat menghilangkan otot pegal, membantu mengeluarkan racun dari tubuh, mengatasi penyakit kulit, menurunkan kadar gula darah, melancarkan aliran darah, dan banyak lagi.

Pada waktu-waktu tertentu, wisatawan yang berkunjung ke lokasi itu, dapat pula menyaksikan kegiatan ritual Erpangir Ku Lau (mandi ritual), suatu ritual adat yang bertujuan membersihkan diri dari roh-roh jahat dan niat yang tidak baik.

Source http://mandalazrentcar.com http://mandalazrentcar.com/?p=224
Comments
Loading...