Destinasi Wisata Pantai Teluk Hijau di Banyuwangi

0 158

Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau ini merupakan salah satu wisata pantai yang lokasinya berada di area Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur. Jaraknya dari kota Banyuwangi sekitar 90 kilometer yang dapat ditempuh selama kurang lebih dua jam perjalanan. Akses menuju Teluk Hijau tidak hanya bisa dilalui melalui akses darat. Akses dari lautpun bisa dilalui melalui jalur pantai Rajagwesi dengan menyewa perahu.

Alasan mengapa kalian harus kesini karena tempat wisata Green Bay Banyuwangi ini memiliki keindahan yang mirip dengan Tanjung Layar Bayah, Banten. Selain karena masih perawan, beberapa spot memiliki keindahannya masing-masing. Sebut saja salah satuny terdapat sebuah air tejun yang berada di tepi pantai yang dikelilingi batu karang yang cantik. Air terjun dengan tinggi sekitar 8 meter tersebut kerap digunakan sebagai tempat bilas alami.

Keindahan Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau ini relatif aman untuk berenang. Ombaknya tidak terlalu berbahaya namun tetap kalian harus waspada. Yang lebih menarik lagi di tempat yang sama terdapat pantai Batu. Benar, pantai ini dinamakan batu karena pesisir pantainya bukan ditutupi pasir putih nan lembut, melainkan hampir seluruhnya ditutupi oleh bebatuan yang bersih. Susunan bebatuan di Pantai Batu ini seperti sudah ditata secara rapi. Padahal, bebatuan tersebut tersusun secara alami.

Keindahan Pantai Teluk Hijau memang tak cukup untuk kalian nikmati dalam sehari. Jika kalian memang berencana untuk mendirikan tenda, sebaiknya dikoordinasikan dahulu dengan pengelola di Rajegwesi. Kawasan Teluk Hijau merupakan kawasan yang berada di Taman Nasional Meru Betiri. Dikhawatirkan kalian bertemu dengan satwa liar yang sedang jalan-jalan juga ke pantai. Jadi, sebaiknya koordinasikan terlebih dahulu dengan petugas Taman Nasional Meru Betiri ya.

Akses Menuju Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau  terletak kurang lebih 90 KM ke arah selatan kota Banyuwangi. Untuk menuju lokasi, kita bisa mengikuti petunjuk arah Pesanggrahan-Sarongan-Sukamade. Jalannya sama dengan jalan menuju Pantai Sukamade di Taman Nasional Meru Betiri. Jika anda berangkat dari arah Kota Jember, ambil jalan menuju Banyuwangi via kecamatan Pakusari, Mayang, dan Silo sampai tiba di jalur Mrawan (gumitir).

Terus lanjut via Kalibaru, Glenmore, dan genteng sampai tiba di persimpangan Genteng Kulon. Ikuti jalur menuju Pantai Rajegwesi, dan kendaraan diparkir disana karena untuk menuju Pantai Teluk Hijau ini anda harus berjalan kaki kurang lebih 1 KM. Alternatif lainnya untuk menuju lokasi adalah dengan menggunakan perahu. Jika anda pecinta petualangan, maka berjalan kaki bisa jadi pilihan. Pastikan anda menggunakan sepatu atau sandal gunung yang pas, karena jalur pejalan kakinya cukup menantang.

Source http://blog.reservasi.com http://blog.reservasi.com/teluk-hijau-sarongan-pesanggaran-banyuwangi-jawa-timur/
Comments
Loading...