Destinasi Wisata Pantai Air Terjun Banyu Tibo Pacitan

0 131

Air Terjun Banyu Tibo

Air Terjun Banyu Tibo ini berada di pinggir pantai dimana aliran air Banyu Tibo langsung terjun ke pantai Selatan. Nama Banyu Tibo adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada. Arti Banyu Tibo menurut Bahasa Jawa adalah air yang jatuh.  Sumber mata air ini berasal dari mata air bawah tanah dari pegunungan karst yang berada di sebelah utara.

Air terjun Banyu Tibo berasal dari sebuah sungai kecil yang  jernih dan tidak pernah kering walaupun di musim kemarau. Aliran air inilah yang berakhir dengan terjun dan menyatu dengan debur ombak laut selatan disebuah teluk kecil yang dikelilingi batu karang. Pantai Banyu Tibo berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donoharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 21 km dari Alun-alun Pacitan.

Aktifitas Air Terjun Banyu Tibo

Berbagai aktivitas bisa dilakukan pengunjung di pantai ini.Yang hobby mancing bisa mencoba spot mancing disekitar  area pantai ini. Karena pinggir pantai didominasi tebing-tebing karang, teknik rock fishing yang banyak dipakai oleh mancing mania. Karena pantai ini belum dikelola sebagai pantai wisata, maka jarang ada fasilitas yang selayaknya ada di pantai wisata seperti toilet maupun warung, jadi jangan lupa untuk bawa bekal. Disana hanya ada shelter nelayan yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh.

Akes Menuju Air Terjun Banyu Tibo

Untuk menjangkau pantai ini tidak sulit. Rutenya sama dengan pantai klayar. Darimanapun anda datang menujulah ke Pasar Punung, kecamatan punung kabupaten pacitan. Akes paling mudah adalah dari Solo atau Yogyakarta. Untuk Anda yang dari Jakarta bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus jurusan Jakarta- Pacitan. Dari pasar punung ikuti jalan ke Goa Gong. Lalu menujulah ke Desa Kalak. Setelah melalui jalan yang berliku sejauh 16 km nanti bertemu perempatan kalak lalu belok kiri ke arah Klayar. Setelah itu ada pertigaan lalu belokkanan arah menuju pantai Nampu dan Buyutan( sudah ada penunjuk arah ). Laluikuti jalan hingga menuju Desa Widoro.

Arah masuk pantai terletak di samping masjid dan bak air. Lalu ikuti jalan setapak hingga ke pantai. Kendaraan yangbisa masuk dari masjid ke pantai hanya roda dua. Tapi agan bisa menitipkan kendaraan pribadi roda empat di penduduk sekitar masjid dan meminta di antar kePantai dengan imbalan sepantasnya sekaligus memberdayakan pemuda setempat. Area pantai banyak digunakan penduduk untuk kegiatan memancing pada malam hari.Untuk memasuki pantai ini tidak dipungut biaya karena masih belum dikembangkan sebagai tempat wisata. Mengenai penginapan, belum terdapat penginapan selain dikota. Karena pantaiini jauh dari kotamaka agan bisa nge-camp atau sakali lagi izin menginap di tempat penduduk. Dan akhirnya, Happy Exploring Pacitan. Untuk harga tiket masuk untuk Anak-anak : Rp 2.000 (hari biasa) dan Rp 3.000 (hari libur) Orang Dewasa : Rp 3.000 (hari biasa) dan Rp 5.000 (hari libur).

Source Jalan Wisata pacitan
Comments
Loading...