Destinasi Wisata Museum Gajah di Jakarta Pusat

0 29

Museum Gajah

Museum Nasional atau Museum Gajah hadir sebagai salah satu alternatif wisata museum. Berdiri di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110, Museum Gajah menawarkan wisata budaya dan sejarah yang edukatif.

Hingga saat ini, Museum Gajah memiliki 141.899 benda, terdiri atas 7 jenis koleksi yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi. Menariknya, museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini memiliki koleksi peninggalan dari berbagai era. Melalui peninggalan tersebut, Anda bisa mengenal peradaban bangsa lain.

Koleksi Museum Gajah

Berbagai benda-benda prasejarah yang dipamerkan mulai dari zaman batu seperti: artifak, fosil, menhir, arca-arca kuno, prasasti, barang kerajinan dan senjatapurba yang berasal dari pelosok Nusantara.  Semua koleksi ini masuk dalam kategori etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, dan benda berharga.

Koleksi etnografi museum yang berada di salah satu gedung peninggalan kolonial Belanda ini merupakan yang terlengkap di dunia. Ada juga koleksi keramik dari dinasti Han, Tang dan Ming yang menjadi salah satu koleksi keramik terbesar di dunia, keramik-keramik Asia Tenggara, juga benda-benda kebudayaan Hindu Jawa.

Patung Bhairawapatung dengan tinggi 414 cm merupakan salah satu daya tarik utama museum ini. Patung yang ditemukan di Padang Roco, Sumatra Barat ini diperkirakan berasal dari abad ke 13 dan 14. Sementara itu, koleksi lukisan yang terdapat di museum ini terdiri dari lukisan karya pelukis-pelukis Paris, seperti Zou Wuki, Georges Braque dan Polk Lee.

Harga Tiket Museum Gajah

Untuk tiket masuk, Anda cukup membayar Rp5 ribu untuk dewasa dan Rp2 ribu untuk anak-anak. Sementara bagi rombongan atau grup minimal 20 orang yaitu dewasa dikenakan tarif Rp3.000 dan anak-anak Rp1.000. Turis luar negeri baik anak-anak atau dewasa dikenakan biaya Rp10.000. Museum yang diresmikan pada tahun 1868.

Oleh Persatuan Kesenian dan Ilmu Pengetahuan Batavia itu, buka antara hari kerja (weekday) atau hari libur (weekend).  Untuk hari kerja Selasa-Jumat, Anda diperbolehkan berjalan-jalan pada pukul 08.00-16.00 WIB. Weekend, Sabtu dan Minggu, pengunjung bisa datang pada pukul 08.00-17.00 WIB. Namun pada hari Senin museum akan tutup begitu pula dengan hari libur nasional.

Source https://lifestyle.sindonews.com https://lifestyle.sindonews.com/read/1056152/156/museum-gajah-museum-pertama-terbesar-di-asia-tenggara-1445827969
Comments
Loading...