Destinasi Wisata Legenda Batu Putri Batupang

0 33

Putri Batupang

Destinasi wisata Legenda Batu Batupang atau batu bermenung terletak di Pesisir Pantai Gampong Peulumat Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan. Sebuah legenda masyarakat setempat yang menjadi turun-temurun di masyarakata labuhanhaji timur.batu ini meyerupai seorang putri yang sedang duduk bertupang dagu yang menghadap ke arah laut lepas.

   

Ternyata menurut legendanya batu itu ialah seorang manusia yang dikutuk ibunya menjadi batu beserta penyu raksasa yang ditumpanginya. Alkisah seorang pemuda yang bernama Bujang Delima berasal dari Pulau Simeulue terdampar di pantai laut berbatu karang Peulumat. Di tempat itu dia menemukan seorang gadis yang sangat cantik bernama Putri Melur dari Gunung Serudung Pemuda tersebut bermaksud untuk menikahi sang gadis.

Dan beliau bermaksud ingin menyatukan daerahnya dengan pantai Peulumat supaya tidak ada jarak pemisah diantara merka.Bujang Delima pulang ke Simeulue dan menarik Pulau tersebut, namun sayangnya diperjalanan tali ijuk penarik tanah peulumat putus dan menjadi pulau siumat. Karena tidak berhasil menyatukan Tanah Tepi Peulumat dengan Tanah Simeulu, Bujang Delima tidak kembali ke Peulumat.

Putri Melur terus meunggu Bujang Delima, hingga akhirnya dia memutuskan untuk pergi menyusul ke Simeulue. Dia memanggil penyu raksasa untuk membawanya ke Simeulue. Ketika dia duduk di atas kepala penyu dan bersiap menuju Pulau simeulue, ketahuan oleh ibunya. Ibunya melarang Putri Melur pergi, dan diapun berkata.

Daripada kamu pergi lebih baik kamu menjadi batu. Tiba-tiba Putri dan penyunya berubah menjadi batu seketika, dengan posisi duduk di atas kepala penyu, dan dagunya bertupang tangan. Ibunya menyesali perkataan yang baru saja keluar dari mulutnya, namun apa boleh dikata, Putri Melur telah berubah menjadi batu untuk selamanya.

Source http://dispar.acehselatankab.go.id http://dispar.acehselatankab.go.id/destinasi-wisata-legenda-batu-bertupang/
Comments
Loading...