Destinasi Wisata Curug Tonjong Tasikmalaya

0 326

Curug Tonjong

Curug Tonjong merupakan salah satu destinasi wiasta alam yang berada di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Curug Tonjong pada awalnya kurang begitu dikenal karena akses jalan yang susah dan sulit dijangkau. Namun setelah adanya program Penataan Lingkungan Berbasis Komunitas (PLPBK) di Kota Tasikmalaya. PLPBK adalah program lanjutan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaaan. Jarak dari pusat Kota Tasikmalaya sekitar 15 km saja.

Keindahan Curug Tonjong

Pesona alam semakin memikat karena terdapat Curug Tonjong yang mengalirkan air ke sungai. Pengunjung yang suka bermain air pasti akan merasa puas dengan menyinggahi wisata ini. Di tempat ini, para traveler diperbolehkan untuk berenang dan naik perahu karet untuk menyusuri sungai sepanjang 60 meter dan menguji adrenalin dengan melompat dari ketinggian tebing ke sungai tetapi, safety harus selalu diperhatikan. Karena supaya dapat tiba di sungai, pengunjung harus melewati bebatuan yang terdapat pada tebing yang licin. Selain itu, sungai Tonjong juga memiliki kedalaman yang cukup dalam sekitar 8-10 meter. Oleh karena itu, pengunjung yang tidak bisa berenang tidak diperbolehkan terjun ke sungai.

Harga Tiket Masuk Curug Tonjong

Untuk berlibur ke tempat ini sebaiknya kalian menyiapkan fisik dan stamina yang prima karena pengunjung perlu melakukan hiking terlebih dahulu. Dan siapkan pula perlengkapan pribadi seperti makanan dan obat-obatan karena meskipun tempat ini memberikan fasilitas warung maupun penginapan tetapi lokasinya cukup jauh dari Tonjong Cayon. Pada tempat ini tidak boleh membawa kendaraan hingga masuk ke dalam hanya boleh sampai gerbang utama saja kemudian meneruskan perjalanan hiking sejauh 500 meter. Sebagai informasi, biaya masuk ke temoat wisata ini sekitar Rp.10rb hingga Rp 20rb saja.

Akses Menuju Curug Tonjong

Untuk menuju ke Curug Tonjong, dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota. Dari simpang lima (S7.31996 E108.21995) menuju ke Selatan lurus terus sampe ke lampu merah arah Tamansari (S7.36728 E108.21467). Selanjutnya belok kiri ke arah Tenggara sampai ke Tugu Kelom Geulis (S7.37305 E108.23250) selanjutnya belok kanan ke arah Selatan sampai ke S7.41622 E108.24241 selanjutnya belok kanan ke arah Curug Tonjong. Semua jalan kondisinya aspal hotmix mulus, sehingga bisa dilewati oleh mobil sedan sekalipun.

Selanjutnya masuk ke jalan menuju arah Curug Tonjong sampai menemukan gerbang masuk kawasan wisata.Setelah melewati gerbang kawasan, dilanjutkan dengan jalan beton sampai ke warung di ujung jalan, selanjutnya jalan gang beton dan tangga sampai ke lokasi Curug Tonjong. Curug Tonjong memiliki beberapa curug dan ada persimpangan sungai dengan curug yang lumayan panjang.Di Curug Tonjong juga tersedia fasilitas MCK.Tetapi sebaiknya bawa bekal makanan, karena warung terdekat ada di ujung jalan, sementara di lokasi tidak ada warung.

Source Jalan Wisata Bolehnanya
Comments
Loading...