Destinasi Wisata Alam Watu Giring di Gunungkidul

0 164

Watu Giring

Watu Giring ini merupakan  salah satu wisata bebatuan yang berada di Gunungkidul Watu Giring ini hanya menyajikan pemandangan berupa jurang bekas galian, tapi jangan salah, meskipun hanya tebing berjurang, namun ketika melihatnya anda pasti terperangah. Pasalnya bekas pengambilan tambang ini menyerupai peninggalan sejarah masa Megalitikum dengan potongan bebatuan berupa anak tangga.

Objek wisata Watu giring ini sebenarnya hampir mirip dengan objek wisata Bukit Breksi di Kalasan, hanya saja jauh lebih artistik karena potongan potongan watu di bukitnya lebih kecil dan membenttuk ornamen anak tangga. Bahkan jika dilihat lihat Watu Giring ini seperti komplek dengan deretan candi. Tempat ini sangat cocok untuk foto foto karena dackground yang begitu indah seperti punden bertingkat ala Pyramida Suku Maya.

Banyak dari pengunjung yang menyangka bahwa bekas penambangan batu tersebut merupakan candi. Akan tetapi berkali-kali pula pengelola menjelaskan bahwa tempat itu hanyalah bekas penambangan biasa. Watu Giring juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa, di sore hari kita bisa menikmati indahnya sunset berpadu dengan hijaunya sawah dan perbukitan alam sekitar. Jika kita beruntung, kita bisa melihat Gunung Merapi dari kejauhan pada saat cuaca sedang cerah.

Lokasi Watu Giring

Watu Giring berada di Semanu tepatnya di Dusun Pacarejo, Desa Jelok, Kecamatan Semanu Gunung Kidul. Tempat ini cukup mudah untuk ditemukan, kondisi jalannya pun relatif mudah. Menariknya, pengunjung bisa berkunjung ke destinasi wisata lain yang berdekatan dengan Watu Giring, yaitu Cave Tubing Kali Suci. Wisata Kali Suci masih berada dalam satu wilayah dengan Watu Giring. Pengunjung bisa menempuh jalur Jl Jogja-Wonosari kemudian ke arah Semanu. Sebelum Rumah Sakit Pelita Husada ambil jalan belok kanan, dan ikuti arah penunjuk jalan ke Watu Giring.

Harga Tiket Masuk Watu Giring

Destinasi wisata Watu Giring ini merupakan obyek wisata yang masih baru, bahkan belum begitu gencar diberitakan. Obyek wisata ini menjadi terkenal karena beberapa orang yang mengunggah foto-foto menakjubkan tempat ini ke dunia maya yang dengan segera langsung membuat tempat ini menjadi terkenal. Sebagai destinasi wisata baru yang belum dikembangkan secara maksimal, pengunjung yang datang ke Watu Giring tidak dikenakan biaya masuk, hanya biaya parkir sebesar Rp 2000 serta sumbangan sukarela. Fasilitas yang ada di tempat ini juga belum optimal, hanya ada beberapa balai-balai atau kursi panjang dari bambu dan beberapa plakat dari masyarakat agar pengunjung berhati-hati.
Source https://yopiknik.com https://yopiknik.com/lokasi-dan-rute-menuju-watu-giring-objek-wisata-baru-gunung-kidul/
Comments
Loading...