Destinasi Wisata Alam Sumber Maron di Malang

0 148

Sumber Maron

Sumber Maron Malang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Malang yang daya tarik utamanya berupa sumber mata air yang jernih serta air terjun kecil yang berada di dalamnya. Sejak tahun lalu, Sumber Maron mulai kebanjiran pengunjung, bukan hanya warga sekitar Sumber Maron saja (warga kecamatan Pagelaran, Gondanglegi dan Kepanjen) yang mendatangi objek wisata alam khas pedesaan ini, namun pengunjung dari luar kota juga banyak yang datang kesini terutama saat akhir pekan maupun musim liburan.

Pada bulan April 2016 lalu, saya mengunjungi Sumber Maron Malang dan baru sempat untuk menuliskan informasi detail tentang tempat wisata ini beserta catatan perjalanan serta foto. Informasi tentang Sumber Maron ini diantaranya mengenai apa saja hal menarik yang ada dalam objek wisata ini, mulai dari asal usulnya, lokasi atau jalan menuju Sumber Maron beserta petanya, apa saja yang dapat dilakukan di Sumber Maron, fasilitas yang tersedia, tarif atau retribusi yang berlaku, foto-foto serta informasi lainnya yang berkaitan mengenai salah satu objek wisata alam populer di Kabupaten Malang ini.

Lokasi Sumber Maron

Sumber Maron terletak di dusun Adiluwih – Desa Karangsuko, salah satu desa di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Lokasinya sangat dekat dengan perbatasan kecamatan Gondanglegi maupun Kepanjen sehingga terkadang ada yang menyebut Sumber Maron ini terletak di Gondanglegi maupun di Kepanjen. Jalan masuk menuju Sumber Maron ini sama dengan jalan masuk menuju Sumber Taman. Selengkapnya mengenai lokasi Sumber Maron dapat dilihat pada Google Map di atas.

Sumber Maron merupakan sumber air alami yang cukup luas serta ada air terjun mini di dalamnya. Selain itu lokasinya yang berada di antara persawahan membuat wisatawan yang datang menunjungi Sumber Maron merasakan suasana pedesaannya yang sangat kental. Namun ada banyak hal-hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di Sumber Maron disamping menikmati pemandangan serta bermain air.

Rute Menuju Sumber Maron

Sumber Maron terletak kurang lebih 3 km ke arah timur dari stadion Kanjuruhan. Jika titik keberangkatan anda dari dalam kota Malang, terutama di bagian barat kota (Sukun, Lowokwaru dsb) maka hanya perlu melakukan perjalanan ke arah selatan melalui Sukun – Kebonsari – Kec. Pakisaji – Kepanjen. Setelah tiba di Kepanjen, teruslah lurus hingga pusat kota (pasar). Mulai dari sini papan petunjuk jalan menuju Stadion Kanjuruhan akan banyak ditemukan di sepanjang jalan. Teruslah melakukan perjalanan hingga stadion Kanjuruhan.

Setelah tiba di depan stadion, teruslah berkendara sejauh kurang lebih 3 km ke arah timur (Gondanglegi). Hamparan sawah serta 2 sungai ditemukan dalam perjalanan kesana. Tiba di depan Masjid Jami Darussalam sebelah kiri/utara jalan (desa Karangsuko, Gondanglegi), maka hanya puluhan meter dari situ akan ditemukan plang kecil berwarna hijau bertuliskan Sumber Maron ±500 Meter serta plang besar berwarna hijau yang bertuliskan “Taman Wisata Sumber Maron Berbasis Edukasi” (KKN Univ Kanjuruhan Malang) yang terletak di sebelah kanan jalan (foto diatas). Mulai dari plang tersebut terus masuk ke jalan kecil dan menempuh jarak sesuai yang tertulis kurang lebih 400 – 500 meter hingga menemukan papan petunjuk atau petugas yang akan mengarahkan ke tempat parkir Taman Wisata Sumber Maron.

Source http://www.nnoart.com http://www.nnoart.com/2016/07/sumber-maron-malang-wisata-pemandian-alam.html
Comments
Loading...