Destinasi Wisata Alam Situ Sedong di Cirebon

0 217

Situ Sedong

Situ Sedong Cirebon merupakan objek wisata waduk buatan yang dibangun pada zaman kolonial Belanda tahun 1918 dan mulai diairi pada tahun 1921. Waduk atau situ ini terletak di wilayah Kec. Sedong. Situ ini digunakan sebagai irigasi untuk mengendalikan pasokan air bagi persawahan yang ada di sekitar Cirebon. Situ ini memiliki pemandangan yang indah pada saat matahari mulai terbenam. Liburan atau weekend merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke situ ini.

Lokasi Situ Sedong

Setu Sedong merupakan salah satu  wisata alam yang terletak di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sindang Laut, Cirebon, Jawa Barat. Hamparan air waduk seluas hampir 150 hektare dengan latar belakang Gunung Cireme di sisi selatan waduk menjadi daya tarik sendiri dalam menghadirkan pemandangan alam nan eksotis.

Sejarah Situ Sedong

Situ Pengasinan atau yang sekarang lebih terkenal dengan Setu Sedong, memiliki sejarah yang cukup panjang bagi masyarakat disekitarnya. Dibangun pada zaman Kolonial Belanda yang selesai pada tahun 1918 dan mulai di airi pada tahun 1921 awal mulanya digunakan sebagai pengairan bagi perkebunan tebu pabrik Gula Sindanglaut. Seiring perubahan jaman Situ Pengasinan yang masuk dalam 3 wilayah desa yaitu Desa Karangwuni, Desa Sedonglor dan Desa Panongan ini, sudah beralih fungsi dari sumber pengairan perkebunan tebu menjadi sumber pengairan pertanian para para petani disekitarnya. Setu yang berada di ketinggian + 300 m diatas permukaan laut ini mempunyai Sunset yang sangat indah.

Akses Menuju Situ Sedong

Untuk sampai ke objek wisata Situ Sedong Cirebon, anda dapat melalui 2 jalur, yaitu jalur Cirebon dan jalur Sindang Laut. Apabila anda berasal dari arah Cirebon, situ ini dapat ditempuh kurang lebih 40 menit melalui jalan raya Cirebon Cilimus. Apabila anda dari Kuningan, anda hanya tinggal belok kiri. Bila anda ingin lebih menikmati pelayanan menarik dan profesional, anda dapat menyewa kendaraan di sewa mobil Yaris CirebonDalam perjalanan menuju situ, anda akan melewati persawahan yang ditumpangsarikan dengan tanaman mangga di sepanjang pematangnya yang menambah kesejukan dipadu dengan topografi lahan pertanian yang kian menanjak.

Source Jalan Wisata ksmtour
Comments
Loading...