Destinasi Wisata Alam Situ Kamojing Karawang

0 157

Situ Kamojing

Situ Kamojing adalah tempat wisata yang berada diantara Kabupaten Karawang dan Purwakarta. Situ ini adalah tempat wisata yang memiliki pemandangan yang cukup eksotis dan menarik. Keberadaanya yang berada di dua perbatasan kabupaten yang terletak di Desa Kamojing menawarkan pesona alam dan potensi wisata yang sangat mengagumkan.

Situ Kamojing memiliki luas 5 hektare. Pada musim hujan, air Situ biasa akan meluber keatas jalan. Namun padam musim kemarau, air situ akan kering yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk bercocok tanam Situ Kamojing memiki stuktur dan infrastuktur yang jauh dari kata layak. Situ terlihat sangat biasa.

Bahkan belum ada pengelolaan yang cukup signifikan untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Sehingga inilah yang akan menjadi nilai tambah untuk pemerintah daerah setempat jika mampu membuat Situ ini menjadi wisata andalan. Namun karena keterbatasannya itulah, yang menjadi kelebihan lain yang dimiliki. Karena memiliki sifat yang masih alami. Salah satu hal yang menarik khususnya untuk muda-mudi yang memadati tepian situ adalah berolahraga, bercengkrama saat matahari menjelang terbenam.

Mitos Situ Kamojing

Selain memiliki hamparan yang bias dinikmati, ditempat ini pengunjung dapat menyantap jajanan dan wisata kuliner yang dijual pedagang. Salah satu menu menarik yang menjadi idaman adalah sate maranggi daging sapi dan es kelapa muda. Jajanan murah meriah yang pas untuk disantap bersama proses tenggelamnya matahari sore bersama keluarga dan sahabat. Mitos yang beredar dikalangan masyrakat sekitar dan pedagang yang berjualan disekitar Situ Kamojing.

Konon situ ini ditinggali oleh Buaya Buntung. Sebuah mitos yang telah mengakar kuat di masyarakat setempat yang percaya atau tidak dipercaya itulah mitos yang beredar. Memang kawasan ini ditumbuhi oleh buhun yang menciptakan suasana yang sangat mistis dan terkesan begitu kental. Namun untuk benar atau tidaknya hal itu hanya cerita lisan dari mulut ke mulut yang belum bias dibuktikan secara rasional.

Akses Menuju Situ Kamojing

Situ Kamojing terletak diantara dua desa. Namun secara geografis Situ Kamojing terletak di Desa Dawuan, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Atau berjarak 22 km dari Kota Karawang. Dengan jarak kira kira sekitar 8 Km dari gerbang tol Cikampek, Karawang. Situ ini berada di perbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang. Disitu ini kita akan bisa menikmati berbagai gedung pencakar langit yang menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati malam disini.

Sehingga sangat pas untuk dijadikan obyek bercengkerama dan mengobrol dengan keluarga dan sahabat. Disekitar Situ Kamojing, atau lebih tepatnya disisi kanan dan kirinya masing-masing terdapat pintu air yang digunakan untuk mengisi air persawahan saat musim kemarau tiba. Untuk menikmati keindahan tersebut, kita tak perlu membayar sedikit pun. Alias gratis tanpa pungutan biaya apapun. Namun anda hanya perlu mengawasi kendaraan anda saat sedang asyik menikmati pemandangan tersebut. Karena tak tersedia area untuk parker.

Source Jalan Wisata wisata tanahair
Comments
Loading...