Destinasi Wisata Alam Pantai Pandansimo di Bantul Yogyakarta

0 183

Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kurang lebih 20 kilometer arah barat daya Kota Bantul, Yogyakarta Terletak bersebelahan dengan Muara Sungai Progo, dan merupakan pantai paling barat dari deretan Pantai Selatan yang masuk ke wilayah Kabupaten Bantul. Deburan ombak yang besar dan liar, suasana mistis yang masih kental dengan banyaknya petilasan yang keramat, hiruk-pikuk nelayan melawan melawan ganasnya ombak merupakan gaya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain panorama pantai yang indah, di Pantai Pandansimo juga terdapat objek wisata ziarah seperti Pandanpayung dan Pandansari. Hal menarik yang dapat dilakukan di sini adalah berbelanja ikan laut langsung dari nelayan lokal.

Nama Pandansimo sendiri berasal dari kata “pandan” (pohon pandan) dan “simo” (macan). Di sini juga terdapat berbagai aktivitas kebudayaan seperti upacara tradisi Merti Dusun, labuhan sedekah laut, dan pentas seni budaya. Demikianlah sebagian kecil kenikmatan di tengah-tengah denyut nadi kehidupan nelayan di Pantai Pandansimo. Cukup mambayar tiket tanda masuk yang rata-rata di bawah Rp 2.000 per kepala, Anda dapat merasakan denyut nadi kehidupan nelayan yang penuh kesederhanaan.

Suasana pantai yang adem dan semilir menambah betah setiap orang yang berkunjung ke pantai ini, bagaimana tidak di sepanjang bibir Pantai Pandansimo Baru berdiri kokoh pepohonan cemara nan rimbun dan indah. Kendaraan segala medan atau All Terrain Vehicle (ATV) juga disewakan buat pengunjung. Pengunjung dapat berkeliling bibir pantai dengan menggunakan kendaraan ini Slogan Pantai Pandansimo sebagai Pantai yang luas, bersih dan nyaman bukanlah tidak beralasan, hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat yang tinggi dalam menjaga lingkungan menjadikan pantai ini tampak asri bersih dan tertata. Sayangnya masih ada saja ulah beberapa pengunjung  yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Akses jalan masuknya pun cukup mudah, bahkan Bus AKAP/AKDP bisa masuk dan tersedia parkir yang luas. Jadi jangan khawatir akses masuknya akan macet dan antri. Jadi kalau ke Jogja jangan lupa ya mampir ke Pantai Baru, Pantai Pandansimo Baru, dijamin deh puas dan ingin kembali lagi kepantai ini. Ingat Jogja ingat Pantai Pandansimo Baru.

Source https://gudeg.net https://gudeg.net/direktori/570/pantai-pandansimo-yogyakarta.html
Comments
Loading...