Destinasi Wisata Alam Pantai Greweng di Gunungkidul

0 153

Pantai Greweng

Pantai Greweng merupakan salah satu destinasi wisata alam sebuah kawasan perbukitan batu kapur atau karst yang hanya ada di Gunung Kidul Yogyakarta. Dan setelah melintasi ladang-ladang penduduk serta hutan batu kapur, akan menjumpai area hutan hujan tropis yang sejuk. Selepas area hutan yang hijau ini, Dolaners akan tiba di sebuah pantai kecil dengan pasir yang putih bersih. Inilah Pantai Greweng.

Keunikan Pantai Greweng terletak pada pantainya yang berbentuk teluk kecil. Pasirnya memanjang hingga jauh ke arah daratan, dan ada dua karang yang menutup teluk seakan membentuk sebuah gerbang menuju laut lepas. Bila mendaki ke karang di sisi kiri pantai, Dolaners bisa menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan. Panorama Pantai Greweng, Samudera Hindia, Pulau Gelatik, dan Pulau Kalong tampak leluasa dari puncak karang ini. Oh ya, jika Dolaners belum tahu nih, bukit karang di sisi kiri Pantai Greweng ini sebenarnya menjadi bagian dari Tanjung Sinden. Menarik, bukan?.

Spot lain yang menarik di Pantai Greweng adalah Gua Greweng. Gua ini dipenuhi dengan stalaktit dan stalakmit berkilauan, dihuni oleh landak dan kelelawar. Terlepas dari cerita, mitos, maupun mistis yang Dolaners sempat dengar tentang gua ini, yang jelas tetaplah berhati-hati saat berwisata di Pantai Greweng. Beberapa area yang tampak dipagari atau dibatasi sebaiknya tidak diterabas. Sisanya, Dolaners bisa seru-seruan menikmati keindahan panorama Pantai Greweng. Topografi Pantai Greweng sekilas mirip sekali dengan Pantai Sedahan. Kedua pantai ini dipisahkan oleh Tanjung dan Pantai Sinden, yang berarti Pantai Sedahan berada di sisi kiri atau timur Pantai Greweng.

Pantai Greweng terletak di sebelah timur Pantai Wediombo tepatnya di Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul Yogyakarta. Untuk menuju ke pantai Greweng aksesnya tidak sulit, pertama anda harus menuju pantai Wediombo terlebih dahulu. Dari kota Jogja menuju kota Wonosari melalui jalan Wonosari, lalu menuju arah Tepus dari pertigaan Tepus anda ambil jalan kekiri (selatan) ikuti jalan tersebut lalu ikuti papan petunjuk jalan yang mengarah ke pantai tersebut. Jika anda ragu jangan malu bertanya pada penduduk setempat.

Perjalanan dari kota Jogja ke Wediombo memakan waktu sekitar 2 jam lebih.Sesampainya di Pantai Wediombo, kami pun mencoba bertanya-tanya kepada penduduk sekitar. Menurut mereka untuk menuju ke sana bisa ditempuh sejauh 2km melalui jalan setapak di sebelah parkiran atas Wediombo. Dari jalan setapak tersebut akan menemui beberapa persimpangan jalan setapak. Mereka menyarankan agar jangan sungkan bertanya kepada petani di sekitar sana.

Source https://dolandolen.com https://dolandolen.com/travel-directory/pantai-greweng/
Comments
Loading...