Destinasi Wisata Alam Kedung Maron Trenggalek

0 154

Kedung Maron

Kedung Maron ini merupakan salah satu bagian aliran sungai yang ada di Dongko. Namun pada salah satu bagian aliran sungai tersebut terdapat turunan air yang mengarah pada sungai yang lebih lebar. Turunan aliran sungai ini terdiri dari bebatuan besar yang jika dilihat dari sudut tertentu nampak seperti air terjun namun dengan volume yang lebih kecil. Belum lagi pada bagian bawah turunan bebatuan tersebut, pembaca bisa memanfaatkan luasnya sungai dengan airnya yang jernih sebagai kolam renang alami. Pembaca dapat berenang sepuasnya di Kedung Maron Dongko Trenggalek.

Rute Menuju Kedung Maron

Kedung Maron ini tepatnya berada di Desa Salam Wates, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Pembaca bisa mengawali perjalanan ini dari pertigaan Masjid Jami’ Dongko. Apabila dari arah Trenggalek, pembaca belok kiri pada pertigaan tersebut. Sesampainya di Desa Salam Wates, ikuti saja jalurnya sampai nanti bertemu dengan pertigaan Pasar Nggembuk dan belok saja ke kanan. Setelah itu pembaca ambil belokan ke kanan lagi pada pertigaan di depan.

Jika sudah ketemu dengan area persawahan berarti Kedung Maron sudah dekat, pembaca tinggal ambil area parkir yang aman biar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. Pada area persawahan tersebut terdapat sebuah aliran sungai yang akan menghantarkan pembaca pada lokasi Kedung Maron, tinggal ikuti saja aliran sungai tersebut. Bisa jadi lokasi ini jadi ribet untuk ditempuh, namun tidak perlu khawatir, pembaca dapat menanyakan Kedung Maron kepada warga sekitar.

Fasilitas Kedung Maron

Jika ingin mencoba refreshing di sana, jangan lupa bawa bekal makanan, karena memang lokasi Kedung Maron cukup jauh dengan warung setempat. Bagi yang ingin berenang jangan lupa baju gantinya. Demi keamanan kami sarankan kepada pembaca untuk tidak berenang ketika musim penghujan tiba, sebab aliran sungai disana sangat deras, apalagi waktu deras-derasnya hujan.

Secara resmi, wisata alam di Trenggalek ini baru dibuka pada tanggal 24 Desember 2017 silam. Wisata alam ini belum genap sebulan. Oleh karena itu, jika masih ada kekurangan yang ada ya harap maklum. Namun demikian, walaupun usianya masih sangat muda, fasilitas dasar yang diperlukan oleh pengunjung sudah tersedia. Selain itu, terdapat gazebo – gazebo yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat. Ada juga beberapa spot berfoto yang menarik terutama bagi teman – teman yang gemar selfie atau berfoto.

Harga Tiket Kedung Maron

Untuk memasuki Wisata Kedung Maron ini belum dipungut biaya. Para pengunjung hanya akan dikenakan tariff parker sebesar Rp. 2.000,- untuk setiap sepeda motor. Cukup murah dan terjangkau bukan? Terlebih jika dibandingkan dengan pemandangan indah yang ada di tempat wisata ini.

Source https://trenggalek.org https://trenggalek.org/detail/15-air-terjun-kedung-maron.htm
Comments
Loading...