Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-KmvWHE.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Destinasi Wisata Alam Hutan Mati Gunung Papandayan

0 209

Hutan Mati Gunung Papandayan

Hutan Mati Gunung Papandayan merupakan salah satu tempat wisata menaik yang terletak di gunung Papandayan Garut, gunung Papandayan berada di ketinggian 2665 mdpl, lokasinya tidak jauh dari camping ground Pondok Saladah, tepatnya di Garut, Jawa Barat. Hutan Mati papandayan Garut terkenal karena keindahannya pemandangannya, yaitu berdirinya pohon-pohon kayu yang sudah mati terbakar akibat letusan gunung Papandayan.
Beberapa stasiun televisi swasta nasional pernah meliput keindahan alam gunung Papandayan, di antaranya Jejak Petualang Trans7 dan Metro TV. Jika di lihat dari gambar hasil jepretan kamera, Hutan Mati di Papandayan ini sepertinya angker dan menyeramkan. Namun tidak demikian kenyataannya, deretan kayu cantigi yang telah mati itu menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan.

Akses Menuju Hutan Mati Gunung Papandayan

Untuk bisa sampai di Hutan Mati Gunung Papandayan, jalur pendakiannya tidak terlalu sulit. Bahkan bisa ditempuh oleh anak-anak, jadi gunung Papandayan Garut cocok untuk pendaki pemula. Jalur pendakian menuju hutan mati melewati Kawah Papandayan yang tidak terlalu nanjak. Selanjutnya setelah melewati kawah terdapat dua jalur, jalur kiri merupakan jalur pendek, namun cukup berbahaya dan tidak direkomendasikan karena tebingnya curam sehingga mengancam keselamatan pendaki. Jalur ke sebelah kanan jaraknya lumayan jauh, melewati hutan Cantigi, jalan berbatu dan cukup lebar. Jalur ini biasa digunakan untuk mencapai area camping Pondok Saladah. Jalur lengkapnya bisa dilihat di artikel Jalur Pendakian Gunung Papandayan via Cisurupan.
Sampai di Lawang Angin, wisatawan atau pendaki gunung Papandayan diharuskan melapor di Pos 2 gunung Papandayan. Di situ terdapat persimpangan, jalur lurus menuju Pangalengan sedangkan ke Hutan Mati harus melewati jalur ke sebelah kiri. Tidak jauh dari Pos 2, pengunjung Hutan Mati akan sampai di camping groung Pondok Saladah Papandayan Garut. Dari Pondok Saladah, Hutan Mati sudah terlihat, jalan menuju Hutan Mati dari Pondok Saladah juga jelas.
Kalau merasa belum yakin berwisata ke Hutan Mati di gunung Papandayan Garut sendirian, anda bisa minta bantuan pemandu wisata gunung Papandayan di lokasi parkir Papandayan, tepatnya di pos penitipan motor dan helm, di situ biasanya pemandu wiasata Papandayan biasa nongkrong.
Source Jalan Wisata indonesia kaya
Comments
Loading...