Destinasi Wisata Alam Hutan Mangrove Blok Bedul Banyuwangi

0 171

Hutan Mangrove Blok Bedul

Hutan Mangrove Blok Bedul merupakan destinasi wisata eksotis di Banyuwangi yang tercipta oleh wujud komitmen dan kerjasama antara Pemerintah Desa Sumberasri dan Balai Taman Nasional Alas Purwo, seuai dengan namanya destinasi wisata ini merupakan hutan mangrove yang sangat luas dan masih alami, dan luas dari Hutan Mangrove ini sekitar 2.300 hektar yang membetang sejauh 16 km. Hutan Mangrove Blok Bedul masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, dan yang memisahkan antara pantai Grajagan dengan Pantai Plengkung, nama Bedul sendiri di ambil dari nama ikan yang banyak di temukan di wilayah ini, ikan bedul merupakan salahsatu jenis dari ikan gabus yang memiliki sirip di punggungnya.

Kawasan Hutan Mangrove Blok Bedul merupakan bagian hilir dari daerah aliran sungai Stail dan membentuk sebuah rawa air payau yang disebut Segara Anak, atau oleh warga sekitat disebut Segara Anakan, Segara Anak memiliki panjang sekitar 18,8 km dan lebar sekitar 400 meter dan terhubung dengan laut selatan, dan bagian kanan kiri Segara Anak dipadati dengan beragam jenis Mangrove atau Bakau yang tumbuh lebat dan subur. Mendapat julukan wisata Hutan Mangrove saya rasa tidaklah berlebihan untuk.

Tempat ini, karena memang di tempat ini banyak sekali di tumbuhi mangrove atau bakau yang membentang luas sejauh mata memandang, terhitung sekitar 27 jenis mangrove dari 16 famili yang tumbuh subur di Hutan Mangrove Blok Bedul ini. Selain mempunyai berbagai macam jenis Mangrove yang tumbuh subur di tempat ini, disini anda juga bisa menjumpai beberapa binatang yang hidup di alam liar seperti monyet, bangau, burung elang dan biawak, namun yang paling mudah dijumpai adalah monyet karena monyet di tempat ini memang banyak dan bebas berkeliaran.

Rute  Menuju  Hutan Mangrove Blok Bedul

Hutan Mangrove Blok Bedul terletak di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, dan saya sarankan jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini lebih baik anda menggunakan kendaraan pribadi entah itu motor ataupun mobil, karena sampai saat ini tidak ada angkutan umum yang mempunyai trayek sampai ke tempat ini, walaupun ada, cuma sekedar bus yang jurusan Banyuwangi, Jember dan itupun Cuma bisa sampai di pertigaan Benculuk, untuk seterusnya anda harus menyewa jasa ojek ataupun mencari tempat penyewaan kendaraan bermotor terdekat. Jalur Yang Harus Di Ambil Dari arah Banyuwangi – Rogojampi – Srono – Muncar – Tegaldlimo – Sumberasri – Bedul Dari arah Banyuwangi – Rogojampi – benculuk – Purwoharjo – Sumberasri – Bedul Dari arah Jember – Jajag – Benculuk – Purwoharjo – Suberasri – Bedul.

Source http://warung--campur.blogspot.co.id http://warung--campur.blogspot.co.id/2016/11/hutan-mangrove-bedul-amazondiindonesia.html
Comments
Loading...