Destinasi Wisata Alam Gunung Cupu di Purwakarta

0 189

Gunung Cupu

Gunung Cupu merupakan salah satu obyek wisata populer jika di pelihara dan dikelola dengan baik. Destinasi darat ini dikenal dengan sebutan Gunung Cupu oleh penduduk setempat. Jangan merasa lucu atau aneh, nama cupu disini berasal dari Bahasa Sunda yang memmiliki maksud, si Gunung ini mirip dengan bentuk cepu jika dalam Bahasa Indonesia, bisa dibilang gunung ini memang tidak menyerupai Gunung pada umumnya, karena selain diameter lereng yang tidak terlalu panjang, sekeliling Gunung juga telah dipenuhi oleh pemukiman penduduk sehingga membuat suhu udaranya tidak se”adem” gunung pada umumnya.

Lokasi Gunung Cupu 

Gunung Cupu adalah Gunung yang terletak di Desa Anjun, Kp. Gunung Cupu, Rt. 01/01 Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Gunung ini termasuk dalam kategori gunung batu yang kontur tanahnya penuh dengan bebatuan, terjal dan sangat beresiko untuk dinaiki tanpa orang2 profesional. Menurut mitos daerah setempat, konon katanya di puncak Gunung Cupu terdapat bekas tapal kuda, karena pada zaman kerajaan dulu ada seekor kuda terbang (Vegasus) yang singgah di puncak Gunung Cupu lalu melesat terbang kembali kemudian anting-anting (hiasan) yang dipakai kuda tersebut berjatuhan ke daerah setempat yang hingga kini disebut Desa Cianting.

Berbagai Pengalaman Gunung Cupu

Untuk kalian yang takut ketinggian tapi ingin sekali melakukan pendakian ke Gunung Cupu, kami sarankan melakukan pendakian pada malam hari. Kenapa harus malam hari? karena kalau malam hari kita bisa benar2 fokus sampai tujuan tanpa melihat jelas trek pendakian yang terjal seperti yang terlihat pada waktu siang hari. Tips nya yang pertama adalah siapkan nyali dan jangan lupa membawa properti yang dibutuhkan seperti : backpack, pisau, lampu senter, tenda, sleeping bag, logistik, dll. Untuk pendakian ke Gunung Cupu yang paling penting dibawa adalah Air Mineral sebanyak-banyaknya karena disana tidak tersedia aliran air seperti di gunung-gunung lainnya.

Source Jalan Wisata jejakexsplore
Comments
Loading...