Destinasi Wisata Alam Curug Naga Bogor Jawa Barat

0 257

Curug Naga

Curug Naga merupakan salah satu wisata alam yang memang dikenal sebagai tempat untuk melakukan body rafting. Air yang jernih serta medan yang menantang yang dikeliling tebing-tebing merupakan gambaran singkat dari Curug Naga. Sebelum sampai ke lokasi curug yang kita tuju (Curug Naga), kita terlebih dulu harus menyusuri arus sungai dan melewati Curug Priuk.

Ketinggian Curug Naga

Curug Naga sendiri memiliki tinggi sekitar 28 meter. Curug ini merupakan bagian dari aliran Sungai Cirangrang yang juga membentuk beberapa air terjun lainnya. Termasuk Curug Panjang. Panjang track sungai yang akan kita lewati sebelum sampai ke Curug Naga adalah sekitar 100 meter. Dalam perjalanan, kita akan mengikuti arus Sungai Cirangrang yang airnya sangat jernih. Rafting ke Curung Naga ini merupakan wisata petualangan yang sangat menyenangkan. Terutama untuk anak-anak muda yang biasanya menyukai tantangan.

Perlu dicatat bahwa rafting di Curug Naga bisa dikategorikan sebagai wisata minat khusus. Curug Naga bukan tempat wisata umum yang bisa dikunjungi tanpa persiapan. Untuk bisa melaksanakan body rafting ke Curug Naga kita harus ditemani seorang pemandu. Mereka yang body rafting di Curug Naga biasanya adalah orang-orang kantoran atau kampus yang ingin menikmati momen hari libur bersama. Satu rombongan biasanya minimal harus 10 orang. Meski begitu, untuk yang ingin body rafting perorangan juga akan dilayani asalkan datang pada hari libur karna pada hari-hari biasa rafting di Curug Naga ini kabarnya tidak dibuka untuk umum.

Lokasi Curug Naga 

Lokasi Curug Naga ini berada di Desa Citamiang, Kecamatan Mega Mendung. Dari Kota Bogor membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Mereka yang datang dari Jakarta biasanya akan naik KRL menuju ke Stasiun Bogor. Rombongan dari Jakarta biasanya akan menyewa angkot dari Stasiun Bogor menuju lokasi camp Curug Naga. Sebagian besar sopir angkot di Stasiun Bogor sudah tahu lokasi camp di Curug Naga. Bahkan mereka sudah punya daftar tarif.

Hal Yang Perlu di Perhatikan sebelum Body Rafting

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dulu sebelum body rafting di Curug Naga. Pertama, kamu harus mepersiapkan fisik yang prima karna track yang akan dilewati cukup menguras energi. Kita juga akan beberapa kali melakukan lompatan yang lumayan tinggi. Sebaiknya, bekali diri dengan perlengkapan outdoor. Termasuk alas kaki. Jangan sampai salah kostum karna akan sangat merepotkan.

Kedua, untuk body rafting ke Curug Naga kita harus melakukan reservasi terlebih dulu dan memilih paket yang disediakan oleh operator. Di Curug Naga kita memang tidak hanya bisa body rafting saja namun juga bisa melakukan beberapa kegiatan lain seperti camping serta flying fox. Untuk perlengkapan kamu tidak perlu membawa dari rumah karna sudah akan disediakan oleh operator. Jumlah minimal rombongan yang menjadi persyaratan biasanya adalah 10 orang namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan body rafting dengan jumlah yang lebih sedikit dengan konsekuensi kita harus mengeluarkan uang yang leibh banyak.

Kalau ingin mengabadikan keseruan selama body rafting di Curug Naga jangan lupa persiapkan kamera underwater. Usahakan untuk sudah sampai di camp Curug Naga sebelum jam 12 siang karna pendaftaran trekking ke Curug Naga biasanya akan tutup pada siang hari atau sore.

Source wisata tempatwisatahits
Comments
Loading...