Destinasi Wisata Alam Bukit Kembang di Probolinggo

0 183

Bukit Kembang

Bukit Kembang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di ketinggian 2.533 meter diatas permukaan air laut serta berjarak sekitar 8 kilometer dari Desa Sapih, dengan medan terjal serta menantang, memang pantas jika tempat ini bisa dikatakan masih perawan dan belum dikenal oleh para wisatawan.

Hal tersebut dikarenakan bukit Kembang Lumbang hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua, sementara kendaraan roda empat hanya bisa sampai di Desa Sapih saja. Untuk sampai ditempat wisata ini bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan dari Desa Lambang Kuning, Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.

Seperti halnya kawasan pegunungan, disepanjang perjalanan kita akan dimanjakan dengan hijaunya warna daun-daun begitu segar dipandang mata. Pemandangan sawah serta perkebunan menjadi ciri khas ketika menapakkan kaki disini.

Namun yang perlu diwaspadai adalah akses jalan menuju tempat wisata ini, karena disamping sebelah terdapat jurang, selama perjalanan hanya akan menemui jalan tanah liat yang tidak putus sampai di gapura kawasan Wisata Bukit Kembang Lumbang Probolinggo. Apalagi ketika musim hujan tiba, akses menuju kesana akan terasa lebih sulit lagi.

Akses untuk menuju ke Bukit Kembang memang sangat sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu jalur seukuran sepeda motor saja. Sehingga ketika kita bersimpangan dengan kendaraan yang tidak searah mengharuskan kita untuk turun menepi.

Sementara diperjalanan diwarnai dengan jalanan naik turun dan terkadang terdapat beberapa tikungan tajam. Namun perjuangan itu akan terbayarkan ketika kita sampai ditujuan. Sebuah pemandangan memukau mata serta membuat kita merasa betah dan ingin berlama-lama disana. Sejauh mata memandang, didepan mata kita bisa menikmati indahnya Gunung Bromo, Gunung Batok dengan berlatarkan puncak Semeru dibelakangnya.

Dari puncak Bukit Kembang jika cuaca cerah, kita bisa melihat PLTU Paiton, Ranu Grati, pulau Madura, bahkan pulau Bali. Sementara pada saat malam hari kita juga bisa melihat lampu-lampu dari permukiman warga di Probolinggo sampai Surabaya.

Sesuai dengan nama Bukit tersebut, disekitar tempat wisata Probolinggo ini akan kita jumpai pula beranekaragam jenis bunga / kembang antara lain Chrysanthemum (krisan / Seruni), Rosa(mawar),  hydrangea, juga bunga yang berwarna kuning dan putih yang menjadi ciri khas Bukit Kembang dan masyarakat setempat menyebutnya sebagai “Bunga Desa“. Untuk fasilitas ditempat ini sudah terdapat beberapa warung, musholla juga kamar mandi.

Pemerintah setempat bersama kelompok sadar wisata warga setempat telah mengupayakan agar tempat ini layak dijadikan tempat wisata alternatif kawasan wisata Gunung Bromo.

Source http://www.bromoexpedition.com http://www.bromoexpedition.com/2016/04/bukit-kembang-lumbang-probolinggo.html
Comments
Loading...