Destinasi Wisata Alam Alas Purwo di Banyuwangi

0 116

Alas Purwo Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata sudah dikenal telah lama menyimpan misteri. Sebenarnya itu bukan cerita baru karena banyak sekali cerita-cerita horor yang berkembang di tengah masyarakat. Kawasan hutan yang difungsikan sebagai taman nasional ini juga menjadi rumah berbagai flora dan fauna di Jawa Timur. Nah kali ini, Pegipegi akan mengulasnya lebih dalam untuk menambah wawasan kita.

Akses Menuju Alas Purwo

Alas Purwo terletak di Kecamatan Purwoharjo dan Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat ini bisa dijangkau dari beberapa kota. Yang pertama adalah dari Banyuwangi dengan rute : Banyuwangi – Rogojampi – Srono – Muncar – Pasar Anyar – Tegaldlimo – berkendara 10 km lewat Jalan Makadam – Pos Rawabendo sebagai gerbang utama Taman Nasional Alas Purwo. Dari Surabaya, rute yang bisa ditempuh adalah : Surabaya – Jember – Gunung Kumitir – Kalibaru – Glenmore – Genteng – Rogojampi – ikuti rute dari Banyuwangi. Sedangkan kalau dari Denpasar, tempat ini dapat dijangkau dari Denpasar – Gilimanuk –Pelabuhan Ketapang Banyuwangi – ikuti rute yang sama dari Banyuwangi. Saat berada di pintu masuk, tiap pengunjung akan dikenai biaya tiket sebesar Rp 6.000*.

Flora dan Fauna di Alas Purwo

Travelers yang hobi petualangan pasti langsung terkesima denkeanekaragaman gan flora dan fauna yang dimiliki. Dengan luas area sekitar 43.420 hektar, Alas Purwo menyimpan banyak hewan liar yang hidup dengan bebas, seperti banteng jawa, rusa, kijang, harimau jawa, babi hutan, kucing hutan, kera abu-abu, biawak, macan tutul, lutung, ayam hutan, merak, dan masih banyak lagi spesies yang hidup di sana.

Sedangkan tanaman yang bisa tumbuh disana tercatat sekitar 584 jenis berupa pepohonan, liana, semak, herba, dan rumput. Dan disana, kalian pun bisa menjelajahi padang penggembalaan, hutan alam, hutan tanaman, hutan mangrove, hutan pantai dan hutan bambu sehingga waktu yang diperlukan untuk mengeksplorasi Alas Purwo tidak cukup hanya dalam 1 hari.

Eksplorasi Alam Alas Purwo

Di Alas Purwo yang tidak kalah populer, seperti Pantai Ngagelan yang sering digunakan oleh penyu untuk bertelur. Bahkan antara bulan Januari – September, mereka lebih sering menampak diri di pantai. Atau, kalian bisa mengintip gua-gua, seperti Gua Istana, Gua Macan, Gua Padepokan, dan Gua Putri. Ada juga Pantai Trianggulasi dengan pasirnya yang putih, tempat penangkaran penyu di Ngagelan, serta mengagumi panorama hutan dan pegunungan di Tanjung Sembulungan.

Dan masih banyak lagi tempat yang wajib dikunjungi saat datang ke sana. Biar tour ke Alas Purwo praktis, kalian bisa menyewa kendaraan dari Perhutani dengan kisaran harga Rp150.000 * – Rp250.000*. Jangan khawatir, masih bisa dinegosiasi kok. Jadi, tawar saja harganya.

Source https://www.pegipegi.com https://www.pegipegi.com/travel/menelusuri-alas-purwo-banyuwangi-nan-penuh-misteri/
Comments
Loading...