Warning: unlink(/tmp/d444b0c5dce3bde2702f8c5694eb514d-NE3Td3.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Destinasi Wisata Alam Air Terjun Cigangsa Sukabumi Jawa Barat

0 140

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Desa Batusuhunan Curug Cigangsa berasal dari nama seorang bapak tua yang sering dipanggil ‘Eyang Gangsa’. Berbeda dengan Curug lainnya, Curug satu ini bertingkat-tingkat, total Curug Cingangsa memiliki tiga tingkatan. Debit air di Curug Cigangsa relatif kecil, jadi kamu bis abermain-main air dan berfoto dari dekat di tempat ini.

Fasilitas Curug Cigangsa 

Untuk fasilitas disekitar curug juga bisa dinillai cukup baik, meski membutuhkan banyak perbaikan dan pengembangan dimasa yang akan datang. Bagi pengunjung yang datang menggunakan kendaraan bermotor, lokasi parkir yang tersedia cukup luas. Jalanan menuju curug juga sudah dibentuk meski masih belum permanen. Tapi belum ada fasilitas ibadah, tempat makan maupun toilet disekitarnya. Tanda penunjuk jalanpun belum tampak menuju kesini. Jadi jika Anda memutuskan untuk datang maka bersiaplah untuk selalu turun dari kendaraan Anda dan bertanya kepada masyarakat.

Akses Menuju Curug Cigangsa 

Secara adminstratif, curug ini terletak diwilayah  Dusun Batusuhan, Surade, Kabupaten Sukabumi. Anda harus menempuh jarak kurang lebih 110 kilometer dari pusat kabupaten Sukabumi untuk sampai disini. Kalau dari Kecamatan Surade, jaraknya hanya sekitar 1 kilometer. Ikuti petunjuk kami berikut dan kombinasikan dengan bantuan warga sekitar yang anda temui untuk mencapai Curug Cigangsa.

Dari kabupaten Sukabumi, Anda harus mengikuti jalur  utama menuju Ujung Genteng, letaknya berada setelah pintu masuk Curug Cikaso, setelah alun-alun Kecamatan Sukade. Lalu ikuti arah yang menuju terminal alun-alun hingga Anda bertemu dengan bundaran alun-alun. Nah, dari sini Anda akan bisa mengikuti petunjuk arah menuju Curug Luhur (nama ini lebih dikenal daripada Cigangsa). Jika Anda datang menggunakan kendaraan pribadi maka Anda bisa  langsung menuju lokasi. Untuk yang menggunakan transportasi umum bisa juga untuk menyewa angkot yang ada disekitar terminal Surade.

Tips Berwisata ke Curug Cigangsa

Beberapa tips yang dapat Anda gunakan ketika hendak mengunjungi tempat ini adalah, kenakan sepatu yang bisa dipakai ditempat yang licin, mengingat kondisi tanahnya lumayan licin. Datanglah pada penghujung musim penghujan sebelum kemarau. Menurut keterangan warga, debit air akan berada pada titik deras tapi masih aman, serta airnya juga paling jernih sekitar saat itu. Bawalah kamera yang waterproof atau pelindung kamera Anda, siapa tahu Anda ingin berphoto dibawahnya tapi tak ingin kamera beresiko rusak. Jangan lupa membawa perbekalan makan dan minum yang cukup mengingat ketiadaan warung disekitar lokasi ini.

Source wisata merdeka.com
Comments
Loading...