Destinasi Punthuk Mongkrong di Magelang

0 194

Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong merupakan wisata puncak perbukitan yang belum lama ini dikembangkan masyarakat desa di lereng perbukitan Menoreh kabupaten Magelang. Daya tarik wisata yang ditawarkan dari tempat ini adalah pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu dari atas bukit. Sementara ini, Punthuk Mongkrong merupakan punthuk tertinggi diantara punthuk lain seperti Punthuk Setumbu, Punthuk Sukmojoyo, dan Punthuk Gupakan.

Lokasi Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong berada di dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Punthuk Mongkrong memiliki ketinggian 624 mdpl.

Tiket Masuk Punthuk Mongkrong

Buat kamu yang ngebet banget pingin melihat keindahan Punthuk Mongkrong, kamu cukup membayar retribusi sebesar Rp3.000/orang dan biaya parkir Rp2.000. Harga yang relatif murah bukan? Hanya dengan mengeluarkan uang Rp5.000 kamu sudah bisa menikmati landscape ala pegunungan menoreh.

Akses Menuju Punthuk Mongkrong

Akses menuju lokasi terbilang bagus dan mudah. Jalanannya pun sudah beraspal dan dicor. Beberpa kilometer sebelum sampai di pintu masuk jalanannya sempit, jadi hanya kendaraan roda dua yang bisa memasuki jalanan tersebut. Jangan lupa bawa senter, karena jalan menuju lokasi belum ada penerangan. Tentunya akan sangat menyeramkan saat hari mulai gelap dengan tidak adanya penerangan. Oh iya, cek dulu kendaraanmu sebelum memutuskan untuk ke sini. Pastikan kondisi kendaraanmu dalam kedaan prima dan full bensin.

Rute Punthuk Mongkrong

Untuk bisa sampai di Punthuk Mongkrong, kamu bisa mengambil jalur selatan yaitu melalui Jalan Badrawati, lanjutkan terus perjalananmu sampai kemudian tiba di perempatan Seganan desa Tuksong. Nah, dari perempatan Seganan belok kanan, lalu lurus terus sampai menemui Balai Desa Karanganyar, lanjutkanl lagi perjalananmu sampai menemukan Balai Desa Giritenga. Sesampainya di Desa Giritenaga, kamu akan dibawa melewati jalanan berasapal yang sempit dan menanjak. Sesampainya di gank kecil yang dipenuhi dengan rumah warga, itu tandanya sedikit lagi kamu akan sampai di pintu masuk Puntuk Mongkrong.

Source wisata magelang
Comments
Loading...