Destinasi Obyek Wisata Kebun Binatang Bandung Jawa Barat

0 168

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Park merupakan obyek wisata alam dan juga Binatang di Bandung, serta pusat cagar budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan dan wahana pelestarian kekayaan alam. Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930 oleh sekelompok pecinta binatang yang menamakan dirinya Zoological Park (BZP), yang dipimpin oleh seorang Direktur Bank Dennis, bernama Hoogland. Kebun bintang ini disahkan secara resmi oleh Gubernu Jendral Hindia Belanda pada tanggal 12 April 1933, melalui surat keputusan No. 33.

Pada masa pendudukan Jepang, Kondisi Kebun Binatang Bandung ini sangat miris. Pada tahun 1948, setelah Jepang takluk, dan hengkang dari bumi Indonesia, rehabilitasi atau perbaikan tempat wisata ini mulai dilakukan. Kemudian pada tahun 1956 R.Ema Bratakoesoema berinisiatif untuk membubarkan Zoological Park. Gagasan itu baru terwujud pada tahun 1957 dan Zoological Park dibubarkan kemudian digantikan oleh Yayasan Marga Satwa Taman Sari.

Lokasi Kebun Binatang Bandung

Kebun binatang ini beralamatkan di Jl. Kebun Binatang, No. 6, Taman Sari Bandung Jawa Barat. No. Tlp: (022)-2507302. Obyek Wisata Kebun Binatang Bandung ini luasnya kurang lebih 14 Hektar. Dari 14 Hektar lahan tersebut, 18,5% digunakan sebagai cagar satwa, 55,2% untuk cagar tanaman, dan 4,7% digunakan untuk wisata air, seperti kolam, taman ria, dan sisanya yakni 2,4% dijadikan sebagai ruang publik, seperti panggung teater, museum, jalan, masjid, aquarium dan kantor.

Koleksi Satwa di Kebun Binatang Bandung

Saat ini jumlah koleksi satwa yang ada di Kebun Binatang Bandung mencapai 213 jenis yang di antaranya terdapat 79 jenis satwa langka yang dilindungi. Kebanyakan satwa atau binatang di kebun binatang ini berasal dari berbagai daerah Indonesia, dan sebagian yang lain berasal dari manca negara.

Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung

Untuk bisa masuk ke Kebun Binatang Bandung ini Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp25.000 per-orang. Jika Anda bersama rombongan, minimal 30 orang, maka Anda akan mendapatkan diskon 50% untuk pelajar dan 20% untuk orang tua atau guru dan pembimbing. Adapun jam kunjung kebun binatang ini dimulai pada pukul 07.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Fasilitas Kebun Biantang Bandung

Kebun Binatang Bandung ini memiliki banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati, di antaranya adalah Taman bermain, flaying Fox, Kolam Perahu, Panggung dan berbagai fasilitas pendukung lainnya, seperti: Pusat informasi dengan pelayanan yang ramah, toilet yang bersih, masjid, place shelter, ash can, food booth, dan museum pickling of animal. Untuk bisa sampai ke kebun binatang ini, Anda bisa menempuhnya baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum (Angkot, Bus Damri) dan lain sebagainya, dengan rute sebagai berikut :  Kebon Kalapa – Dago  Cicaheum – Dago  Cicaheum – Ciroyom  Panghegar -Dipatiukur  Cisitu – Tegalega  Caringin – Sadangserang Dago – Caringin.
Source Jalan Wisata Harga Tiket Masuk
Comments
Loading...