Destinasi Danau Rana Kulan di Manggarai Timur

0 40

Danau Rana Kulan

Danau Rana Kulan menjadi tempat persinggahan yang sangat menarik untuk melepas lelah bagi orang-orang yang bepergian dari atau menuju ke Pota. Situasi di Danau Rana Kulan sangat tenang karena jauh dari pemukiman penduduk. Daerah di sekeliling danau dikelilingi oleh hutan lebat yang masih sangat alami dan kebun kopi milik penduduk setempat. Dari tepi danau kita bisa melihat itik air dan burung bangau yang sedang berenang dan mencari makanan di dalam danau. Memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan dan masih sangat alami.

Di sekeliling danau terdapat hutan yang sangat lebat dan masih terjaga keasriannya, sehingga membuat udara di sekitar danau sangat sejuk dan segar. Danau Rana Kulan berada di tepi jalan menuju Pota, kota Kecamatan Sambi Rampas. Sementara dari balik pepohonan dan hutan yang rimbun terdenga kicauan burung seperti nuri peregam, dan ayam hutan yang silih berganti mengisi sunyinya danau. Danau Rana Kulan juga memiliki biota bawa air seperti ikan air tawar, udang dan belut.

Banyak orang datang ke danau Rana Kulan untuk memancing sambil menikmati indahnya danau. Apakah Anda tertarik mengunjungi danau Rana Kulan? kami sarankan jangan lupa membawa makanan dan minuman secukupnya karena di sekitar danau tidak tersedia penjual makanan dan minuman yang bisa melayani kebutuhan anda. Danau Rana Kulan berada di Desa Rana Kulan, kecamatan Elar. Danau ini cukup besar memiliki luas sekitar 5 km2 dan kedalaman sekitar 30meter.

Akses Menuju Danau Rana Kulan

Danau Rana Kulan dapat ditempuh dari Ruteng maupun dari Borong, menempuh jalur tengah yaitu melalui Bealaing, watunggong, Lengko Ajang, selanjutnya langsung menuju Danau Rana Kulan yang berada di Rana Kulan, Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Jarak dari Ruteng sejauh 60km dan bisa di tempuh dalam 2.5 jam. Sedangkan apabila dari Borong, sejauh 90km dengan waktu tempuh sekitar 3.5 jam.

Perkiraan waktu tempuh bisa lebih lama dari perkiraan karena jalan yang dilalui beraspal tapi melewati medan yang cukup sulit dan menantang namun juga sangat bergantung pada kondisi jalan raya dan kendaraan yang dipakai. Kami sarankan sebaiknya Anda menggunakan kendaraan berderek yang dapat membantu kelancaran perjalanan pada medan yang sulit dan menantang.

Source http://www.wisata.nttprov.go.id http://www.wisata.nttprov.go.id/index.php/2014-01-20-04-43-22/2014-01-20-07-39-48/manggarai-timur/326-danau-rana-kulan
Comments
Loading...