Destinasai Wisata Sejarah Museum Sri Baduga Bandung

0 146

Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga merupakan salah satu area wisata sejarah di kota Bandung yang cukup terkenal. Hal ini tentu saja memudahkan pengenalan sejarah seni dan budaya Jawa Barat yang memiliki keturunan suku Sunda kepada masyarakat di sekitar Bandung dan juga Indonesia. Apalagi bentuk dari bangunan museum ini memiliki gaya suhunan panjang dengan ciri khas panggung yang merupakan khas dari Jawa Barat. Ditambah lagi dengan banyaknya benda-benda bersejarah di dalamnya. Untuk Lokasi Museum Sri Baduga ini berada di Jalan. BKR No.185, Pelindung Hewan, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40243, Indonesia.

Museum Sri Baduga merupakan salah satu Museum yang berada di kota Bandung dan mengenalkan sejarah dari seni dan budaya serta perkembangan kota Paris Van Java ini. Letak dari Museum Sri Baduga ini berada di Jalan B.K.R. 185 atau jalan lingkar selatan yang lokasinya berdekatan dengan salah satu lokasi yang sangat bersejarah di kota Bandung yaitu lapangan Tegallega. Selain berdekatan dengan area bersejarah, museum ini letaknya juga berdekatan dengan salah satu objek sejarah yang menjadi landmark dari kota Bandung ini yaitu Monumen Bandung Lautan Api.

Sejarah Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga ini merupakan salah satu museum di kota Bandung yang memberikan informasi mengenai seni dan budaya. Museum ini dibangun di atas lahan yang memiliki luas sekitar 8.500 m2. Museum ini letaknya berada di pusat kota Bandung atau tepatnya berada di tengah-tengah kota Bandung. Dan letaknya sendiri berdekatan dengan kawasan wisata belanja yang cukup terkenal di Bandung yaitu Cibaduyut. Museum Sri Baduga ini memiliki bagian-bagian tersendiri yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Bagian pertama ini bisa diperuntukkan untuk kalangan umum atau biasa disebut Publik Area.

Di sini para wisatawan bisa mengunjungi area gedung pameran dan juga auditorium. Sementara area kedua lebih dikhususkan kepada non publik atau non public area. Hal ini biasanya diperuntukkan untuk kantor seperti kantor Kepala Museum, Sub Bagian Tata Usaha dan juga Kelompok Kerja Bimbingan dan Edukasi serta Kelompok Kerja Konservasi dan Preparasi hingga Kelompok Kerja Koleksi yang didalamnya sudah termasuk Gedung Penyimpanan Koleksi yang nantinya akan dipamerkan di museum ini.

Koleksi Museum Sri Baduga

Koleksi yang ada pada museum ini dipamerkan pada 3 lantai yang berbeda, setiap lantai dimuseum ini menampilkan aneka sejarah alam dan juga budaya yang ada di wilayah Jawa Barat. Adapun pembagian 10 koleksinya seperti Koleksi Geologi, Biologi, Etnografika, Arkeologi, Sejarah, Numismatika dan Heraldika, Filologika, Keramikologika, Seni Rupa dan Teknologika. Dengan adanya banyak koleksi benda bersejarah dimuseum sri baduga tentunya selain sebagai tempat untuk mengisi hari libur juga bisa sebagai sarana edukasi terutama untuk anak-anak agar mereka lebih mengenal sejarah masa lalu lewat benda-benda yang dipamerkan.

Harga Tiket Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga ini memiliki harga tiket masuk sebesar 25 ribu per orang. Dan jam operasional museum ini yaitu jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Museum ini dibuka pada hari Selasa hingga Minggu. Sementara setiap Senin ditutup untuk umum.

Source Jalan Wisata info wisata bandung
Comments
Loading...