Destinasai Wisata Curug Malela Bandung Jawa Barat

0 184

Curug Malela

Curug Malela Bandung adalah salah satu lokasi wisata alam yang ada di bandung yang bisa menjadi pilihan terbaik buat tujuan wisata anda saat berlibur. Curug Malela atau dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela memiliki sumber air terjun yang  berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng, yaitu sebuah gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati, kemudian mengalir melintasi sungai cidadap – Gunung Halu.

Ketinggian Curug Malela

Curug Malela Bandung yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar curug mencapai 70 meter, memiliki 5 buah jalur air terjun yang akan tampak sekali keindahan serta kemegahannya yang sangat mempesona siapa pun yang melihatnya, apabila debit air menuju lokasi ini sedang banyak serta mengalir deras melintasi air terjun ini. Curug Malela apabila dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti kilauan benang-benang sutra halus yang bersinar.

Di pinggir bagian kanannya anda bisa melihat bentuk tebing yang cukup tinggi nan eksotis berwarna putih yang mengarah ke bawah air terjun. Tempat Wisata di Bandung Barat ini, karena keindahan alaminya,sering disebut sebagai surga tersembunyi yang sangat terisolir dari peradaban serta bagaikan lokasi harta karun berupa pesona keindahan bagi warga masyarakat Bandung, serta bagi sebagian wisatawan yang pernah mengunjungi dan menikmati keindahannya sering disebut juga Air Terjun Niagara Mini.

Akses Menuju Curug Malela

Di lokasi Wisata Curug Malela Bandung ini,selain menikmati keindahan curug setinggi 60 meter serta lebar 70 meter ini, para pengunjung pun bisa bermain di sepanjang aliran sungai di bawah air terjun,seperti berenang dan menikmati sentuhan butiran air terjun yang seperti kabut yang melayang. Curug Malela atau dalam bahasa indonesia berarti Air Terjun Malela lokasinya terletak di desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Dan tempat wisata alam di bandung barat ini bisa dicapai selama kurang lebih 3 jam perjalanan dari pusat kota Bandung, serta berjalan kaki menuju lokasi sejauh 10 Km dengan menyusuri perbukitan yang hijau dan indah menghampar.

Rute Menuju Curug Malela

Bagi anda yang berniat mengunjungi salah satu Tempat Wisata Di Bandungyang eksotis ini,berikut adalah rute jalan menuju kawasan wisata Curug Malela. Menggunakan Kendaraan Pribadi Cimahi -> Batujajar -> Cihampelas -> Cililin -> Sindang Kerta -> Gunung Halu -> Buni Jaya -> Curug Malela.

Menggunakan Kendaraan Umum, Terminal Leuwipanjang. Dari sini anda bisa naik angkot jurusan Cimahi/Cililin. Sampai di Cililin anda turun kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik bus jurusan Gunung Halu/ Buni Jaya. Sesampainya di Terminal Buni jaya, anda melanjutkan perjalanan dengan kendaraan berupa ojek menuju Desa Cicadas. Setelah sampai di Cicadas, maka anda tinggal melanjutkan perjalanan ke lokasi Curug Malela dengan berjalan kaki.

Sejarah Curug Malela

Memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, namun faktanya lokasi wisata ini tidak begitu familiar dengan warga sekitar yang dekat dengan Curug Malela. Sehingga apabila ada wisatawan yang baru datang pertama kali ke sini, maka anda akan kesulitan menemukan surga tersembunyi ini, kecuali anda bertanya ke para tukang ojek yang akan mengantar anda sampai ke lokasi. Kesunyian serta keterasingan air terjun di bandung ini sepertinya yang  membuat sebuah misteri tersendiri yang unik.Selain itu bagi wisatawan yang baru datang ke tempat ini, penduduk biasanya hanya mengatakan ”Hati-hati di bawah“ tanpa menjelaskan lebih jauh maksud dari pernyataan itu.

Source Jalan Wisata wisata air terjun
Comments
Loading...