Desa Wologai atau Kampung Adat Wologai, Kota Ende

0 4

Desa Wologai adalah salah satu desa tradisional yang lebih terkenal di Flores. Menurut cerita, desa ini memiliki masa lalu yang kelam. Pada waktu dulu, penduduk desa Wologai menggunakan kulit manusia untuk gendang mereka. Ada banyak desa tradisional di Flores. Yang paling terkenal adalah Wae Rebo, yang memakan waktu setidaknya dua hari dan satu malam untuk dikunjungi. Sementara Wologai kurang terkenal, desa ini adalah tambahan yang bagus untuk perjalanan darat di Flores. Desa ini hanya berukuran kecil dan Anda bisa merasakan budaya lokal di sini, bertemu dengan penduduk desa yang ramah dan mendapatkan gambaran tentang kehidupan desa.

  

Untuk masuk Desa Wologai, pengunjung harus mengisi buku tamu dan membayar sedikit uang. Biaya masuknya sekitar Rp 10.000 per orang. Di tengah Wologai, ada panggung ritual. Sebagai orang luar Anda dilarang memasuki kawasan ini. Jika pengunjung  memasuki panggung ritual ini, maka jiwa pengunjung akan terjebak di desa selamanya. Desa ini juga memiliki batu seremonial. Batu ini dipagari dengan tongkat bambu sederhana, yang tidak diizinkan disentuh oleh pengunjung. Kata penduduk setempat, jika  batu itu disentuh aka nada badai yang  tiba-tiba meletus atau cuaca buruk akan mempengaruhi desa. Selain yang bersifat mistis, ada juga beberapa hal menarik tentang Wologai.

Misalnya, menikmati berinteraksi dengan penduduk desa karena mereka sangat ramah. Orang-orang dewasa cukup pemalu, tapi anak-anak sangat senang menyapa pengunjung. Mereka juga memiliki beberapa patung kayu buatan tangan yang cantik dan mengklaim bahwa kopi dari Wologai adalah yang terbaik di wilayah ini. Jika Anda mencari sesuatu untuk dilakukan setelah mengunjungi Kelimutu maka Anda harus menambahkan desa Wologai ke jadwal perjalanan Anda. Ini adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi dan untuk hiburan yang menarik selama beberapa jam. Setelah mengunjungi desa Anda dapat kembali ke Ende untuk sarapan sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan berikutnya.

Akses Menuju Desa Wologai

Desa Wologai dapat dicapai dengan berkendara singkat dari kota Ende. Obyek wisata utama di kawasan ini adalah Danau Kelimutu. Sebagian besar pengunjung mengatur penyewaan mobil untuk mengunjungi danau kawah untuk matahari terbit. Anda akan meninggalkan hotel sekitar jam 3 pagi dan matahari terbit lewat pukul 6.30. Jadi Anda masih memiliki kesempatan beberapa jam untuk mengujungi Desa Wologai setelah mengunjungi Kelimutu. Ketika traveller meminta sopir taksi apa yang bisa dilakukan setelah mengunjungi Kelimutu, biasanya sopir atau pemandu menyarankan Wologai (tampaknya menjadi combo yang populer). Desa ini hanya berjarak 30 menit berkendara singkat dari Kelimutu.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-sejarah/desa-tradisional/desa-wologai-atau-kampung-adat-wologai-tempat-wisata-alternatif-setelah-mengujungi-danau-kelimutu-di-flores
Comments
Loading...