Warning: unlink(/tmp/c24a47605609d900a9c371d8a148529f-9d4Han.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Desa Wisata Selasari Pangandaran Jawa Barat

0 115

Desa Wisata Selasari

Desa Wisata Selasari merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Desa ini mempunyai luas wilayah sekitar 1.935 Ha. Berada di ketinggian sekitar 300 Mdpl (meter diatas permukaan laut). Kawasan desa ini masih cukup alami. Nuansa alam pegunungan sangat kental dirasakan di Desa Wisata Selasari. Di Desa ini terdapat lebih dari 90 Goa. Diantara goa-goa tersebut berada di Pusat Wisata Sutra Reregan, jaraknya kurang lebih sekitar 300 meter dar Desa Selasari.

Berbeda dengan di Dusun Salakambang yang masih satu kawasan dengan desa wisata selasari, Didusun tersebut Anda dapat menemukan 15 goa. 8 diantara goa tersebut bisa dikunjungi oleh para wisatawan seperti  Goa Sutra Reregan, Goa Panggung, Goa, Citalun, Goa Gede, Goa Parat, Goa Panjang, Goa Peteng, Goa Lanang. Tiap-tiap Goa mempunyai keunikan tersendiri. Baik itu dari relief alam yang membentuk dinding goa maupun kedalaman goa. Ketika Anda masuk ke dalam, akan terlihat ornamen batu stalagtit dan stalagmite dengan berbagai bentuk hiasan alami. Kedalaman goa-goa yang ada di Desa Wisata Selasari bisa mencapai hingga 50 meter sampai dengan yang terdalam sekitar 300 meter.

Desa wisata Selasari

Hal yang paling menarik terdapat di Goa Lanang. Goa ini merupakan gabungan dari Santirah dan Sutra Reregan. Di goa Lang para wisatawan dapat melakuan berbagai aktifitas seperti caving, river tubing maupun kegiatan kemping didalam goa. Di Desa Wisata Selasari juga terdapat sungai yang cukup indah. Sungai ini sangat cocok untuk melakukan berbagai kegiatan seperti arung jeram, Body Rafting Water Tubing  atau hanya sekedar bermain-main di pinggir sungai untuk berfoto.

Dengan berkunjung ke Desa Wisata Selasari Pangandaran, Anda dapat sekaligus melihat situs-situs budaya yang ada di desa ini. Situs-situs budaya tersebut seperti Kampung Buhun, Batu Putih (Batu Bagong), Tapak Ki Jonggrang, Tapak Budha. Selain situs-situs budaya terdapat jejak peninggalan bersejarah yang merupakan jejak sesepu Sunda di masa lampau yaitu jejak sejaran Eyang Gede dan Mbah Jagakarsa. Untuk mencapai Desa Wisata Selasari dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Dari Pantai Pangandaran jaraknya sekitar 15 km, kurang lebih sekitar 30 menit.

Source Jalan Wisata grendmedia
Comments
Loading...