Desa Wisata Rantih, Pelindung Air Terjun Sungai Bikan yang Rindang

0 5

Desa Wisata Rantih

Kota Sawahlunto ternyata menyimpan banyak Obyek Wisata Alam yang menjanjikan, selain Puncak Cemara, Puncak Poland, atau Museum Gudang Ransoem, ada juga Desa Wisata Rantih yang muncul setelah diadakannya ajang perlombaan pencak silat tingkat internasional di sana pada tahun 2012. Setelah ajang ini digelar, pemerintah mulai memberika perhatian serius untuk perkembangan Desa Rantih menjadi Desa Wisata Rantih yang mampu memikat banyak pengunjung. Desa Wisata Rantih merupakan salah satu obyek Wisata di Sawahlunto yang memiliki luas sekitar 181, 5 Ha, dengan 30 % di antaranya merupakan areal persawahan warga.

 

Salah satu obyek wisata yang dicari oleh pengunjung saat datang ke Desa Wisata Rantih ini adalah pesona Air Terjun Sungai Bikan, sebuah kawasan air terjun yang dapat dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam melewati pepohonan rindang, di tengah-tengah perjalanan menuju Air Terjun Sungai Bikan ini ada tempat peristirahatan untuk sekedar melepas penat sejenak. Saat menempuh perjalanan menuju Air Terjun Sungai Bikan ini, anda akan melewati sebuah area camping yang banyak digunakan oleh siswa siswi pramuka sekitar Kota Sawahlunto.  Di lokasi camping ini, para peserta camping akan dimanjakan dengan rindangnya pepohonan dan jernihnya air sungai yang berasal dari mata air pegunungan.

Kembali ke Rute Menuju Air Terjun Sungai Bikan. Untuk bisa sampai ke lokasi, anda harus rela untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor. Sebab anda akan dihadapkan dengan sungai-sungai kecil dangkal yang harus anda seberangi. Jika anda ngotot ingin menggunakan sepeda motor, tentu akan menyebabkan motor anda mogok. Namun jangan khawatir, dengan menyeberangi sungai-sungai kecil ini, kelelahan kaki anda akan sedikit terobati akibat sejuknya air sungai tersebut.

Setelah melakukan perjalanan sekitar satu jam, maka di kejauhan anda akan mulai mendengar gemericik Air Terjun Sungai Bikan yang begitu menggoda, dengan sedikit mempercepat langkah kaki, anda akan segera bisa menikmati guyuran air terjun yang memiliki ketinggian kira-kira sekitar 20 meter tersebut. Di bagian bawah Air Terjun Sungai Bikan, ada cekungan sedalam 1 meter yang bisa anda manfaatkan untuk berenang, melepas penat sambil menikmati dinginnya air terjun. Berenang di bawah derasnya aliran Air Terjun Sungai Bikan akan memberikan sensasi serasa sedang menjalani pijat refleksi di pusat pijat refleksi berkelas. Namun tetap utamakan keselamatan saat berenang ya, terutama jika anda membawa serta anak di bawah umur.

Selain itu, ketika anda berenang, anda akan melihat sebuah cekungan layaknya goa yang menambah keindahan dan pesona Air Terjun Sungai Bikan ini. Dengan eksotisme alam yang begitu mempesona, tidak ada salahnya anda mengabadikan momen di Air Terjun Sungai Bikan melalui kamera yang telah anda siapkan sebelumnya. jika ingin lebih memacu adrenalin anda, dan sedikit memberikan ketegangan saat berada di sana, anda bisa berenang dengan cara meloncat dari atas bebatuan yang ada di sekitar Air Terjun Sungai Bikan tersebut. Tetapi, kewaspadaan anda jangan sampai berkurang akibat keasyikan meloncat dan bermain air, karena bebatuan di lokasi ini terkenal cukup licin.

Dengan keindahan alam dan kesegaran air terjun ini, untuk anda yang berniat berlibur di Desa Wisata Rantih, sebaiknya anda membawa baju ganti dan perbekalan makanan, karena setelah lelah berenang ke sana ke mari, tentu anda akan merasa sangat kelaparan, apalagi udara di sana yang cukup dingin. Agar makan anda lahap dan nyaman, di lokasi ini ada beberapa pondok kecil yang dibangun oleh masyarakat, anda diperbolehkan menggunakannya, tetapi tetap harus menjaga kebersihan, jangan meninggalkan sampah makanan anda di lokasi Wisata Sawahlunto ini. Karena satu sampah anda akan merusak keindahan dan bukan tidak mungkin sampah anda mengundang hadirnya sampah-sampah lain yang akan membuat Desa Wisat Rantih menjadi Desa Wisata yang tercemar oleh kotoran. Sudah selayaknya bagi kita semua untuk sama-sama menjaga kelestarian alam sekitar kita.

Source https://catatanwisata.com https://catatanwisata.com/desa-wisata-rantih-pelindung-air-terjun-sungai-bikan-yang-rindang/
Comments
Loading...