Desa Wisata Petulu di Gianyar, Bali

0 12

Desa Wisata Petulu

Desa Wisata Petulu merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Jarak dari Pusat Ubud menuju tempat wisata di desa Petulu sekitar 10 menit berkendara, dari sentral Ubud, menuju ke arah Timur, sampai di ujung jalan sebuah pertigaan, belok kiri menuju jurusan objek wisata Tegalalang, sekitar 2 km belok kiri anda akan bertemu dengan pertigaan lagi, belok kiri menuju jalan raya Petulu. Jarak dua tempat wisata ini berdekatan, sehingga sayang jika agenda tour di Bali anda menuju Ubud tidak berkunjung juga ke desa Petulu.

Daya tarik dan ikon wisata desa Petulu di Kecamatan Ubud ini adalah burung bangau atau dikenal dengan nama burung Kokokan, hidup berbaur dengan warga desa. Burung bangau atau Kokokan merupakan keluarga dari spesies Ciconiidae, berkaki dan berleher panjang, badannya cukup besar. Makanan dari burung bangau ini adalah serangga, cacing, ikan, serta mamalia kecil di tempat basah ataupun wilayah pesisir. Jadi habitat burung bangau atau kokokan di desa Petulu ini memang sangat cocok, karena sumber makanan yang melimpah dari areal persawahan penduduk termasuk pohon-pohon yang tumbuh di sekitar desa Petulu.

Bangau merupakan burung migran, didominasi warna putih salju dan indah, pada saat mendapatkan habitat baru, burung bangau cenderung setia dengan satu pasangan atau monogami, termasuk juga dengan sarang yang telah dibuatnya, kesetiaan itulah burung bangau ini dijadikan simbol pembawa kebahagiaan. Sedangkan kehidupan bangau di desa Petulu ini memiliki cerita tersendiri, sehingga bagaimana burung-burung liar tersebut, bisa hidup di desa Petulu. Ribuan burung bangau ini hidup damai di pohon-pohon yang ada di sekitar desa, baik itu pohon yang tumbuh di jalan, rumah, kebun atau persawahan, hidup berdampingan seolah menyatu dengan penduduk, bisa dikatakan berbaur dengan warga.

Tingkah polah burung kokokan di desa Petulu ini menjadi hiburan dan pemandangan unik dan menarik bagi wisatawan, mereka berkeliaran di pematang sawah sambil menemukan serangga, cacing ataupun mamalia kecil lainnya, dan pada sore harinya pulang kembali ke sarang, tentunya desa Petulu ini menyuguhkan pemandangan berbeda dibandingkan objek wisata di Bali lainnya. Kunjungan jalan-jalan tour ke desa Petulu ini akan menjadi sebuah agenda spesial yang tidak bisa anda temukan di tempat lainnya, sebuah suasana pedesaan yang alami dan cantik, menyuguhkan hamparan pemandangan sawah dengan kehidupan burung bangau atau kokokan yang jumlahnya ribuan, sebuah pemandangan langka yang hanya bisa anda nikmati di desa Petulu Ubud.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/desa-petulu-ubud/
Comments
Loading...