Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-ZOlYPs.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Desa Wisata Alam Candi Abang Sleman Yogyakarta

0 140

Desa Wisata Alam Candi Abang

Desa wisata ini menawarkan keindahan alam nuansa pedesaanyang memiliki perbukitan. Sehingga bagi anda yang ingin menikmati desa dengan nuansa perbukitan dan bisa menikmati keindahan alam pertanian dan perkebunan, Desa Wisata Candi Abang memang pilihan tepat. Tidak hanya itu, desa wisata ini juga terdapat lokasi bersejarah seperti Candi Abang yang merupakan peninggalan Hindu, Goa Sentana/Sentono, Goa Jepang dan juga Gunung Suru yang menurut mitos adalah istana tuyul. Peninggalan-peninggalan sejarah tadi menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Candi Abang Bukit Teletubies

Candi Abang merupakan salah satu wisata sejarah Candi Abang ini berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta. Candi Abang berada di puncak bukit di pinggir jalan desa, 1,5 kilometer sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan. Akses ke lokasi bagus. Ukuran alas Candi Abang adalah 36 x 34 meter, dan tingginya belum bisa diperkirakan. Candi ini berbentuk seperti piramida, dengan sumur di tengahnya. Di candi ini, terdapat tangga,masuk dan dibuat dari batu putih alias gamping. Selain itu, ada sebagian batu-batu andesit yang belum diketahui fungsinya.

Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi yang berbentuk seperti piramid ini dinamakan Candi Abang karena terbuat dari batubata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa). Bentuk candi ini berupa bukit, sekarang banyak ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil. Ada yang menyebutkan bahwa candi abang ini mirip seperti bukit teletubies.

Keindahan Desa Wisata Alam Candi Abang

Selain menikmati keindahan bukit di candi ini, para wisatawan juga bisa berburu sunset untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Untuk akses mencapai bukit ini para wisatawan harus berjalan kaki terlebih dulu karena medan menuju ke bukit ini banyak bebatuan dan agak curam.
Tips lain untuk yang mau datang ke Candi Abang ini, jangan datang di siang hari karena akan terasa panas yang sangat menyengat dan Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya, sebab di lokasi tidak ada warung makan dan minum. Tapi untuk para wisatawan yang berkunjung ke candi ini yang membawa makan dan minuman diharapkan menjaga kebersihan di sekitar lingkungan candi agar wisata jogja ini bisa tetap terjaga keindahannya.

Akses Desa Wisata Alam Candi Abang

Selain Candi Abang di kawasan ini masih ada beberapa obyek wisata lainnya seperti Gua Jepang Sentonoharjo. Gua Jepang Jogotirto berada di Goa Jepang Sentonoharjo berada tak jauh dari Candi Abang. Goa Jepang Sentonorejo terdiri dari empat goa yang berjajar dan berbentuk persegi. Keempat ujung goa tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Goa ini dibuat pada masa Jepang yang pada saat itu menguasai jogja dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan amunisi.

Di dalam goa tersebut, terdapat pula lubang bentukan yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan bom. Namun bom-bom tersebut telah dikeluarkan dan lubang tersebut telah ditutup dengan semen. Untuk menuju ke situs gua jepang ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum tidak menjangkau lokasi ini. rute jalan menuju ke gua jepang yaitu dari Jl. Jogja-Solo – Pertigaan Pasar Prambanan – Jl. Jogja-Piyungan – ikuti petunjuk ke arah Candi Abang – Candi Abang – Goa Jepang.

Source https://yantobasna.blogspot.co.id https://yantobasna.blogspot.co.id/2016/12/desa-wisata-candi-abang.html
Comments
Loading...