Deestinasi Wisata Batu Rongring di Langkat

0 35

Batu Rongring

Wisata Alam Batu Rongring berada diwilayah Desa Sungai Musam, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara. Aksesibilitas, dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari (ibukota Propinsi Sumatera Utara) dengan 2 alternatif perjalanan. Kota Medan-Tangkahan 95 km (2 jam perjalanan) dilanjutkan dengan menaiki gajah 15 km, Medan-Dusun Sei Glugur 90 km (2 jam perjalanan) dilanjutkan dengan menaiki ojek/sepeda motor 1,5 jam perjalanan.

  

Fasilitas, belum tersedia fasilitas pendukung wisata di lokasi ini. Pada hari-hari libur ramai dikunjungi wisatawan nusantara/lokal untuk berekreasi mandi air panas. Hutan Taman Nasional Gunung Leuser yang terdapat diwilayah kawasan wisata alam Batu Rongring berada di tipe ekosistem dataran rendah sampai dataran tinggi, kawasan ini menyimpan kekayaan hayati yang relatif masih aman dari gangguan sehingga terjaga kealamiannya sebagai hutan hujan tropis.

Selain merupakan habitat bunga Raflesia dan bunga Bangkai, berbagai tumbuhan obat juga menambah keanekaragaman hayati di dalamnya disamping sebagai home range Gajah, Orangutan, Harimau, Kera ekor panjang, kedih,dll. Potensi Wisata yang terdapat di kawasan ini adalah Air Panas Glugur (80? C), Lokasi ini sering dikunjungi sebagai salah satu jalur lintasan trekking Gajah Tangkahan – Bukit Lawang, potensi lainnya adalah penelusuran speologi yang menantang di Gua Arif serta potensi rekreasi di Sungai Musam dan petualangan ke puncak Gunung Behem.

Serta berbagai potensi keanekaragaman hayati di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kawasan Wisata Alam Batu Rongring dikembangkan oleh Lembaga Rongring Ekowisata Leuser Lestari Indonesia (RELASI), sebagai mitra lokal BB TNGL. Lembaga RELASI beberapa waktu lalu mengesahkan Peraturan Desa (PERDES) tentang pengembangan potensi wisata alam di kawasan Batu Rongring sebagai aturan lokal dalam pengembangan kawasan wisata.

Source http://gunungleuser.or.id http://gunungleuser.or.id/batu-rongring/
Comments
Loading...