Deburan Ombak Pantai Krakal Jogjakarta

0 36

Pantai Krakal merupakan pantai yang terbentuk dari proses geologi di kawasan perbukitan kars Gunung Kidul. Merupakan fenomena kawasan kars yang unik, dimana tersingkapnya batuan gamping dikawasan ini karena pengangkatan yang disebabkan oleh aktifitas tektonik. Secara administratif terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY. Berada di tengah-tengah bentangalam antara Pantai Baron dengan Pantai Pok Tunggal. Pantai Krakal berada di sebelah timur Pantai Baron dengan jarak sekitar 8 km. Bila ditempuh dari kota Wonosari jaraknya sekitar 35 km, dan dapat melalui dua buah jalur yaitu jalur barat melewati Pantai Baron, dan jalur timur melewati kecamatan Tepus, dan Pantai Sundak. Nama “KERAKAL” dalam bahasa Jawa berarti batu-batuan kecil yang tersebar. Pantai ini diberi nama Pantai Krakal berasal dari istilah “KERAKAL” dan untuk memudahkan dalam penyebuannya maka istilah “KERAKAL menjadi KRAKAL”.

Diberi nama demikian karena di pantai tersebut selain berupa hamparan pasir putih yang memanjang juga banyak terdapat batuan-batuan sebesar bulatan telur (kerakal) dengan permukaan halus dan berwarna putih. Kerakal-kerakal tersebut sangat bagus menghiasi panjangnya bibir pantai. Dan karena itu, krakal-krakal ini laku dijual karena cocok untuk membuat taman-taman, sehingga sampai saat ini keberadaan kerakal tersebut sudah habis dan hanya menyisakan namanya saja. Peraturan Pemerintah yang melarang pengambilan batu dan pasir putih datangnya sudah terlambat karena batu kerakalnya sudah terlanjur habis, dan yang masih tersisa adalah pasir putihnya saja.

Wisatawan yang datang ke Pantai Krakal akan disuguhi pemandangan alam pantai dan perbukitan kars serta keragaman flora yang menakjubkan, hamparan pasir putihnya yang memanjang di sepanjang pantai menambah keindahan view Pantai Krakal. Kawasan Pantai Krakal sangat luas, sehingga semua jenis kendaraan baik yang besar maupun kendaraan kecil bisa masuk dan parkir di sana.

Bagi yang menyukai kegiatan surving, Pantai Krakal adalah satu-satunya pantai di Gunungkidul yang memiliki ombak paling cocok untuk melakukan surving. Ketika ombak air laut sedang surut, Pantai Krakal bisa digunakan untuk beraktifitas antara lain bermain air, memancing, melihat ikan hias, mencari kerang, mencari rumput laut, atau kegiatan lainnya.

 Dalam perkembangan selanjunya, kawasan wisata Pantai Krakal berkembang dengan memanfaatkan potensi pantai yang ada di sebelah barat Pantai Krakal yaitu Pantai Sarangan dan pantai Betuweng. Sehingga saat ini kawasan Wisata Pantai Krakal terdiri dari tiga buah pantai yaitu Pantai Krakal, Pantai Sarangan dan Pantai Betuweng.

Comments
Loading...