Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-t4cyeh.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Daya Tarik Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat

0 113

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan salah satu wisata pantai yang dikenal sebagai pantai yang memiliki deburan ombak yang kuat, memiliki legenda rakyat Ratu Laut Selatan Nyi Roro Kidul yang terkenal ke seantero negeri. Pantai ini memiliki tofografi perpaduan antara pantai yang landai dan pantai yang curam, tebing karang yang sangat terjal, hempasan ombak dan hutan cagar alamnya yang rimbun. Makanya banyak yang berkunjung ke Pelabuhan Ratu tak hanya terbatas di momen-momen tertentu saja, hampir setiap hari pantai ini banyak dikunjungi pendatang.

Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu 

Pantai Pelabuhan Ratu berada di pesisir Samudera Hindia, Kota Sukabumi Jawa Barat –Indonesia. Jaraknya jika ditempuh dari Kota Sukabumi sekitar 60 km atau 2 jam waktu perjalanan.

Mitos Pantai Pelabuhan Ratu

Masyarakat sekitar pantai, bahkan masyarakat yang radiusnya agak jauh dari Pelabuhan Ratu memercayai adanya penguasa Ratu Pantai Selatan yang sangat cantik dan melegenda bernama Nyi Roro Kidul. Penguasa pantai selatan ini konon berkuasa di sebuah kerajaan makhlus halus yang sangat besar dan indah. Ada hari-hari khusus dimana momen ritual kerap dijalankan oleh mereka yang berkunjung kesini. April yang bertepatan dengan Hari Nelayan biasa akan banyak orang yang bertandang kesini untuk melakukan ritual “Larung Laut”.

Daya Tarik Pantai Pelabuhan Ratu 

Tempat ini memang sangat memiliki daya tarik. Sampai-sampai proklamator RI Soekarno mendirikan sebuah tempat peristirahatan pada tahun 1960 di Renjo Resmi. Atas inisiatifnya pula, kemudian didirkan Samudera Beach Hotel, yang merupakan salah satu hotel mewah yang terdapat di Pelabuhan Ratu yang masa pembangunannya hampir berbarengan dengan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel. Pantai ini juga mengasyikkan untuk menjadi tempat berselancar.

Di seputar Palabuhan Ratu, paling tidak ada sembilan titik lokasi untuk berselancar, yaitu di Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng. Masing-masing pantai mempunyai ombak dengan karakteristiknya sendiri. Bagi Anda yang berminat, bisa kapan saja untuk berkunjung ke Pelabuhan Ratu ini.

Selamat Berwisata!

Source wisata tempat wisata indonesia
Comments
Loading...