Danau Zamrud Siak, Keajaiban Dunia yang Tersembunyi di Riau

0 61

Danau Zamrud

Provinsi Riau kini mempunyai tempat wisata baru yang sangat menarik, yakni Danau Zamrud Siak. Danau yang satu ini pun dikenal mempunyai pemandangan yang sangat indah. Bahkan Danau Zamrud kerap disebut sebagai salah satu keajaiban dunia yang bisa dijumpai di Kabupaten Siak, Riau. Disebut keajaiban dunia karena Danau Zamrud merupakan sebuah danau rawa yang mempunyai keunikan tersendiri.

Danau Zamrud Siak disebut sebagai salah satu keajaiban dunia karena danau ini mempunyai ekosistem yang sangat unik. Di Danau Zamrud ini, terdapat dua danau lain yang bernama Danau Pulau Besar dan Danau Bawah yang masing-masing mempunyai luas 2.416 hektar dan 360 hektare. Dan di kedua danau inilah, para traveler pun bisa menjumpai keunikan yang dimiliki oleh Danau Zamrud.

Danau Pulau Besar

Di Danau Pulau Besar, terdapat empat pulau utama yang mempunyai karateristik unik karena lokasinya yang bisa berpindah-pindah. Empat pulau utama yang ada di Danau Pulau Besar itu adalah Pulau Besar, Pulau Tengah, Pulau Bungsu dan yang terakhir adalah Pulau Beruk. Tidak hanya bisa berpindah, pulau yang ada di tempat ini pun terkadang bisa lenyap lho!

Pulau yang berlokasi di Danau Pulau Besar, Danau Zamrud Siak ini merupakan sebuah pulau yang terbentuk dari endapan lumpur dan tumbuh-tumbuhan. Masyarakat dunia pun sering menyebut pulau dengan karateristik itu dengan sebutan floating island atau pulau yang melayang. Selain di Siak, pulau serupa juga bisa dijumpai di negara India.

Taman Nasional Zamrud

Danau Zamrud Siak saat ini secara resmi telah menjadi bagian dari Taman Nasional Zamrud Siak. Pemerintah Kabupaten Siak pun telah berjuang keras untuk bisa mewujudkan status taman nasional ini. Total selama 15 tahun mereka terus berusaha agar lokasi Danau Zamrud bisa dijadikan taman nasional.

Sebelum memperoleh status sebagai taman nasional, Danau Zamrud dikenal sebagai kawasan suaka margasatwa. Status kawasan suaka margasatwa ini diperoleh sejak 25 November 1980 yang diberikan oleh Pemerintah Pusat. Tidak hanya menjadi lokasi konservasi, Danau Zamrud juga merupakan lokasi riset ilmu pengetahuan serta obat-obatan.

Status Taman Nasional Zamrud Siak baru diperoleh pada tahun 2016 ini. Dan saat ini, Taman Nasional Zamrud dikenal sebagai taman nasional ke-52 yang ada di Indonesia. Dan dengan status taman nasional ini, Danau Zamrud Siak pun bakal memperoleh perhatian yang lebih dari pemerintah. Terlebih tidak hanya mempunyai ekosistem yang unik dan ajaib, danau ini juga menjadi rumah untuk flora dan fauna langka. Di antaranya adalah burung elang, bangau, ikan arwana, siamang, tapir, rusa, buaya air tawar dan berbagai jenis pohon langka.

Lokasi Danau Zamrud Siak

Danau Zamrud iak ini berada di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. Danau ini berlokasi sekitar 180 kilometer dari kota Pekanbaru yang merupakan ibukota Provinsi Riau. Taman Nasional Zamrud ini mempunyai area seluas 28 ribu hektar. Bagi para traveler yang ingin berkunjung ke danau ini, satu-satunya cara adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Terutama karena memang tidak ada angkutan umum yang melayani rute menuju ke tempat ini.

Source https://www.lihat.co.id https://www.lihat.co.id/wisata/danau-zamrud-siak-keajaiban-dunia-riau.html
Comments
Loading...