Danau Weekuri, Wisata Alam di Sumba Barat Daya

0 30

Danau Weekuri

Danau Weekuri merupakan sebuah danau dengan air asin yang memiliki bentuk bak kolam raksasa yang sangat indah dan mengagumkan. Sebelumnya Danau Weekuri ini merupakan area tersembunyi yang tidak memiliki jalur akses karena terlindung oleh lebatnya hutan. Keberadaan danau ini juga ternyata tidak diketahui secara luas oleh masyarakat, sampai pada suatu hari ditemukan oleh warga negara Perancis dan akhirnya akses jalur menuju ke lokasi tersebut dibuka. Danau Weekuri memang tidak seterkenal danau-danau besar di Indonesia lainnya, namun keindahannya yang luar biasa menakjubkan bagai sebuah surga tersembunyi akan memberikan jaminan bagi anda menemukan hasil ciptaan Tuhan yang benar-benar mengagumkan.

Ketika menuju ke lokasi sebelumnya anda diajak melakukan trekking melintasi hutan dengan tindangnya pepohonan dan semak belukar yang menghadang, namun begitu sampai di bibir danau anda akan melihat sebuah keindahan yang tidak mungkin anda lihat di lain tempat. Setelah sampai di lokasi tentunya anda kemudian bisa menyegarkan diri dengan berenang di dalam danau yang airnya sangat teramat jernih bahkan terlihat seperti kaca. Anda bisa melihat dasar danau dari atas. Uniknya di danau ini juga tersedia air hangat dan air dingin tergantung di mana lokasi anda berenang. Di beberepa spot juga anda akan menemukan gradasi warna yang begitu mengagumkan, yang terbentuk akibat kedalaman dari air danau yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Akses Menuju Danau Weekuri

Danau air asin Weekuri terletak di wilayah Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Bagi anda yang ingin mencapai ke lokasi ini, yang pertama harus anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mencapai Tambolaka dengan menggunakan penerbangan. Dari Tambolaka barulah anda melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi selama kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menggunakan transportasi umum atau pribadi, sebab belum tersedia angkutan umum untuk melayani rute tersebut.

Akomodasi di Danau Weekuri

Bersiaplah dengan perbekalan lengkap sebab lokasi ini benar-benar alami dan tidak ada warung serta penjaja makanan di sekitar lokasinya. Bayangkan saja anda berada di sebuah kolam indah di antah berantah tanpa diganggu hiruk pikuk pedagang atau apapun itu. Tidak tersedia juga penginapan atau hotel, sehingga yang paling mungkin anda tidur di alam terbuka di bawah langit dengan pemandangan yang sangat alami dari danau unik ini, namun jika mencari hotel anda bisa kembali lagi ke Tambolaka untuk medapatkannya.

Source https://ketahui.com https://ketahui.com/sebening-kaca-indahnya-wisata-danau-weekuri-di-sumba
Comments
Loading...