Danau Ubur Ubur di Kabupaten Berau

0 120

Danau Ubur Ubur

Pulau Kakaban terdapat Danau Ubur Ubur yang sangat bersahabat bagi traveler. Tepatnya di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Perlu traveler ketahui, Danau Kakaban  ini terletak di sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni, tepatnya di pesisir timur Kalimantan dan tepat di muara sungai Berau. Danau yang mempunyai luas sekitar 390an hektar ini memiliki kedalaman maksimal 11 meter. Dan disinilah ubur-ubur yang tanpa sengat itu menjadi penghuni danau ini.

  

Jenis ubur-ubur ini berbeda dengan jenis ubur-ubur yang lain, uniknya lagi ubur-ubur yang tidak membahayakan ini hanya ada dua tempat di dunia ini, yaitu di pulau Palawan dan Danau Kakaban itu sendiri.

Perlu traveler ketahui, bahwa ubur-ubur yang berada di Danau kakaban ini jumlahnya sangat banyak sekali. Beberapa kegiatan bisa traveler lakukan disini, seperti berenang di Danau Kakaban, menyelam sambil melihat ekosistem yang cukup unik dan terkenal di dunia ini yaitu ubur-ubur.

Akan tetapi ketika berkunjung disana ada beberapa aturan yang traveler harus pahami. Pertama traveler tidak boleh mengangkat ubur-ubur ini ke permukaan, traveler juga tidak boleh melompat untuk menceburkan diri ke danau tersebut, namun harus melewati tangga yang sudah disediakan dan menyelam pelan-pelan. Tujuan nya adalah supaya air tidak keruh dan aman bagi keselamatan ubur-ubur.

Ketika melakukan snorkeling di danau kakaban, traveler cukup memakai kaca mata renang dan pelampung saja jika diperlukan, usahakan tidak memakai fin atau kaki katak, karena sangat sensitive sekali dan kemungkinan terkena ubur-ubur yang bisa menyebabkan ubur-ubur mati. Beberapa ubur-ubur juga bisa ditemukan disini, seperti Ubur-ubur bulan Aurelia aurita (, Mastigias cf papua ,  Tripedalia cystophora  dan Cassiopea ornate.

Source https://www.wisatakita.com https://www.wisatakita.com/wisata/Kalimantan.Timur/Berau/Danau.Ubur.Ubur.Kakaban
Comments
Loading...