Danau Tomosu: Wisata Baru yang Cantik di Sumatera Barat

0 9

Danau Tomosu

Kota Sawahlunto ternyata juga memiliki banyak potensi wisata yang masih belum terjamah. Salah satunya Danau Tomosu atau lebih di kenal Danau Biru Sawahlunto, atau kadang juga disebut Danau Bacan. Disebut demikian karena memang danau ini berwarna biru seperti batu bacan. Danau ini terletak di daerah Parambahan,Kecamatan Talawi, Provinsi Sumatera Barat yang berjarak sekitar 4 kilometer dari simpang Napar – Sijantang atau 13 kilometer dari pusat kota Sawahlunto.

 Danau biru yang dikenal dengan sebutan danau bacan atau Tomosu itu merupakan bekas dari galian tambang batubara yang kini berubah menjadi sebuah danau yang indah dan airnya yang berwarna biru. Danau ini mulai dikenal oleh masyarakat luas karena kepopulerannya yang bermula dari media sosial.

Banyak masyarakat setempat yang berfoto selfie dengan latar belakang danau yang berwarna biru kemudian mengunggahnya ke media sosial seperti instagram dan facebook. Dari situlah masyarakat Sumatera Barat mulai mengenal danau ini.

Sebelum memasuki kawasan danau, Anda dikenai biaya Rp 5.000 per orang buat tiket masuk. Dan setelah sampai lokasi, mulai ada biaya parkir Rp 5.000 bagi sesuatu sepeda motor dan Rp 10.000 buat sesuatu mobil.

Untuk Anda yg khawatir dengan makanan atau minuman, di lokasi ini ada banyak warung yg didirikan warga. Anda dapat lesehan bersama keluarga menikmati pemandangan danau dari atas bukit. Apalagi angin sejuk yg berhembus tidak mengurangi ketenangan suasana danau.

Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tetapi pastikan kendaraan yang akan Anda gunakan dalam keadaan kondisi yang fit. Hal ini dikarenakan Anda akan melewati jalanan tanah berbatu yang lumayan terjal.

Anda jangan ragu bertanya kepada warga Sawahlunto jalan mana yang harus dilewati untuk sampai ke Danau Tomosu. Bensin pun tersedia di sini, pada pos pintu masuk tersedia dua jeregen bensin yg bisa dibeli seandainya bensin Anda hampir habis.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-barat/danau-tomosu-wisata-baru-yang-cantik-di-sumatera-barat.html
Comments
Loading...