Danau Tirta Gangga, Sunset Eksotik di Lampung Tengah

0 37

Danau Tirta Gangga

Danau Tirta Gangga Lampung Tengah juga menyimpan sebuah nilai budaya yang menarik untuk ditelisik. Patung Bima dan juga keberadaan pura yang ikonik ditengah danau menjadi objek yang indah sekaligus penuh makna. Danau dengan luas sekitar 200 hektar ini juga memiliki sunsetyang indah ketika sore hari. Oleh sebab itulah sering menjadi incaran para pengunjung untuk menyaksikannya. Beberapa sudut danau juga nampak instagramabel sehingga cocok untuk pemburu swafoto, khusunya kaula muda. Panorama yang disajikan tak laha dengan spot wisata di Lampung Tenga lain seperti Danau Bekri dan juga Curup Tujuh.

 

Rute Menuju Danau Tirta Gangga

Danau Tirta Gangga berada di Desa Swastika Buanna (SB 13) Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah. Jaraknya sekitar 60 kilometer dari Kota Gunung Sugih. Sedangkan jika dari Kota Bandar Lampung ke danau Tirta Gangga jaraknya sekitar 100 km dengan waktu tempuh kurang lebih tiga jam perjalanan. Pengunjung bisa melalui Jalan Lintas Tengah Sumatera untuk mencapai lokasi ini dengan Rute Bandar Lampung – Gunung Sigih – Kota Gajah – Seputih Banyak – Danau Tirta Gangga.

Untuk kendaraan umum, bisa menggunakan bus tujuan Bandar Jaya. Sebelum sampai di Bandar Jaya pberhenti di Gunung Sugih. Anda bisa berhenti di Tugu Kupiah Emas dan melanjutkan perjalanan meunju Kota Gajah. Setelah sampai di Kota Gajah anda bisa mencari kendaraan angkutan menuju Seputih Banyak. Anda juga bisa menggunakan travel dari Kota Bandar Lampung yang langsung bisa menghantarkan ke danau ini.

Keunikan di Danau Tirta Gangga

Danau Tirta Gangga memunyai sebuah Patung Bima yang sedang bertarung dengan Naga Nemburnawa (lakon Dewa Ruci dalam pewayangan). Patung tersebut berdiri gagah di tengah danau dan menjadi daya tarik paling memikat di Danau ini. Tokoh Bima adalah seorang tokoh protagonis dalam wiracarita Mahabharata. Ia merupakan putra Kunti, dan dikenal sebagai tokoh Pandawa yang kuat, bersifat selalu kasar dan menakutkan bagi musuh, walaupun sebenarnya berhati lembut.

Di antara Pandawa, dia berada di urutan kedua dari lima bersaudara. Konon, dalam patung yang dibangun di danau ini Dikisahkan sang Bima diperintahkan oleh Guru Dorna untuk mencari Tirta Prawita Adi. Diakhir kisah, setelah mengalahkan sang naga, Bima malah bertemu dengan Dewa Ruci dan mengetahui bahwa Tirta Prawita Adi sebenarnya tidak ada dan perintah Dorna tersebut hanya merupakan siasat licik untuk menyingkirkan Bima.

Keistimewaan Danau Tirta Gangga

Danau ini memiliki panormana yang menakjubkan. Air danau yang nampak hijau berpadu dengan rerumputan dan pepohona hijau yang mengelilingi danau. Yang paling menarik adalah adanya daratan atau pulau di tengah danau. Daratan itu merupakan sebuah pura yang seolah seperti terapung di atas air. Selain pura, Patung Bima juga bisa anda jadikans sebagai objek foto yang bisa menambah kesan khas pada foto anda.

Namun perlu diingat bahwa pengunjung tak bisa sembarangan memasuki area pura sebab merupakan tempat ibadah. Tapi jangan cemas, pengunjung bisa menikmati pemandangan disekitar sembari berfoto atau berselfie ria. Danau ini sangat fotogenik dengan andanya patung serta pura di tengah danau. Yang tidak boleh dilewatkan adalah sunset sore di danau ini. Langit jingga diatas danau akan nampak sangat eksotis.

Sunset ini bisa dinikmati sore hari sekitar pukul lima sore. Anda bisa berfoto dengan background sunset sehingga membentuk siluet yang indah. Danau ini juga cocok untuk digunakan sebagai lokasi piknik bersama keluarga. Anda bisa membawa bekal makanan dari rumah untuk kemudian disantap bersama di depan pemandangan yang sangat menawan.

Source https://www.lampung.co https://www.lampung.co/blog/pesona-danau-tirta-gangga-sunset-eksotik-di-lampung-tengah
Comments
Loading...