Danau Teloko, Wisata Baru di Kabupaten Ogan Komering Ilir

0 36

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kini memiliki destinasi wisata baru. Lokasinya di Desa Tanjung Serang, Kecamatan Kota Kayuagung. Namanya destinasi baru ini adalah Danau Teloko. Lokasi Danau Teloko tidak jauh dari Kota Kayuagung. Hanya berkisar 20 menit saja. Di danau air rawa yang eksotik ini, pengunjung bisa naik perahu menyusuri sungai Komering. Perahu yang disiapkan desainnya unik dan menarik.

Saat di tengah danau, jangan terkejut. Karena perahu akan dihempas oleh ombak-ombak kecil yang ditiup oleh angin semilir. Gemericik air dan belaian lembut angin ditambah pemandangan danau yang begitu luas dan hamparan perkebunan yang melintang sepanjang garis tepi danau menambah indah pemandangan.

Obyek Wisata Danau Teloko membentang seluas 250 hektar dan menjadi penampung utama air bagi pertanian dan perkebunan di sekelilingnya. Pengunjung dapat menikmati suasana keindahan danau dari restoran terapung yang disediakan oleh pengelola sambil menikmati hidangan khas daerah.

Selain itu, bagi yang gemar memancing, melempar joran di Danau Teloko dapat menjadi kegiatan mingguan yang sangat menyenangkan. Tidak hanya di tepian danau, para pemancing juga dapat melempar joran di tengah danau dengan menumpang perahu milik warga yang disewakan. Uniknya, pembangunan Danau Teloko diinisiasi masyarakat desa Tanjung Serang melalui dana desa yang dikucurkan pemerintah.

Bupati OKI H Iskandar SE yang meresmikan desa wisata Tanjung Serang berharap, warganya semakin sadar untuk mengembangkan potensi wisata sebagai pendapatan untuk memajukan desa. “Dulu dana desa banyak diarahkan kepada kegiatan infrastruktur. Itu memang penting. Lebih penting lagi dana yang dikucurkan itu mampu revolving atau berdaya guna untuk masyarakat. Seperti diarahkan untuk mengoptimalkan potensi desa. Saya sangat mengapresiasi karena wisata ini tidak akan habis,” jelas Iskandar.

Iskandar juga optimis pengembangan wisata Danau Teloko bisa menjadi destinasi wisata baru yang menarik. Namun, ungkap dia, perlu intervensi dari semua pihak, pemerintah, swasta dan didukung masyarakat. “Ini butuh kebersamaan. Kita akan buat grand desain dan diusulkan ke pemerintah pusat untuk pengembangannya. Seperti akses jalan dan jembatan, listrik, bahkan pemukiman,” imbuhnya.

Dia juga yakin pesona Danau Teloko bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat setempat. Apalagi wisatawan yang datang juga banyak. “Targetnya wisatawan lokal dulu, serta multi flyer effect-nya untuk warga desa ini. Baik dari penyewaan perahu, UMKM, dan produk rumahan hingga perikanan. Tapi harus dijaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan pengunjung, agar orang berduyun-duyun kesini,” pungkasnya.

Camat Kota Kayuagung, Dedy Kurniawan SSTP juga optimis pengembangan Danau Teloko yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tanjung Mayang Desa Tanjung Serang, bisa berjalan baik. “Kami optimis ini (Danau Teloko) bisa dikembangkan menjadi wisata baru yang menarik. Karena wisata di kawasan ini masih sangat alami dan airnya jernih,” bebernya.

Pengunjung akan diajak berkeliling danau menggunakan kapal BUMDes berkapasitas 20 penumpang. Harga paket yang ditawarkan sangat terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp70 ribu per orang. “Sudah termasuk paket makan siang,” terangnya.

Source https://sumeks.co.id https://sumeks.co.id/danau-teloko-wisata-baru-yang-dibangun-dengan-dana-desa/
Comments
Loading...