Danau Sombano, Wakatobi

0 64

Danau Sombano

Diantara destinasi menarik di kawasan Wakatobi, kunjungilah Danau Sombano. Tempatnya unik dan belum tersentuh peradaban manusia. Danau yang berada di Pulau Kaledupa ini untuk mencapainya memang perlu berjalan kaki dan melewati sudut pulau yang alami. Danau ini sendiri dikelilingi oleh hutan bakau, berbagai jenis anggrek liar, dan daun pandan hutan.

Bila sampai di tepi danau, jerih payah perjalanan akan terbayar lunas oleh keindahan danau. Biasanya pengunjung yang sampai seperti ingin langsung terjun berenang dari tepi danau. Sombano merupakan danau air asin yang masuk melalui rongga-rongga karang dan membentuk danau. Karakter batuan karang di pulau kaledupa menyebabkan banyak rongga-rongga di dasar pulau yang mengirimkan air laut membentuk danau.

Sebagai danau air asin, Danau Sombano dihidup oleh hewan laut. Ribuan udang kecil berwarna merah berada di antara ganggang danau. Jika pengunjung sudah berenang langsung mendapati kumpulan udang yang indah karena berwarna kontras dengan hijaunya dasar danau. Sudah puas menikmati danau, pengunjung bisa mendatangi  pantai Langgira yang memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan juga pemandangan yang sangat indah.

Tidak banyak yang mengetahui pantai ini, jadi kita seperti menyusuri pantai pribadi karena jarang menemui orang.Mencari kuliner bisa mendatangi Desa Sombano yang sebagian besar penduduknya menjadi nelayan ikan, pemburu gurita, pengumpul kelapa dan petani rumput laut. Jangan ragu membeli ikan bakar dari warga desa, karena harganya murah lebih dari 50 persen dibanding harga biasa.

Source http://www.wisatasia.com http://www.wisatasia.com/unit/428
Comments
Loading...