Danau Singkarak, Tempat Indah Di Sumatera Barat

0 102

Danau Singkarak

Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Sumatera. Danau ini menyimpan keindahan yang bagus banget. Landscape air yang luas, dengan background perbukitan hijau ditepian danau, bakal langsung bikin mata kita adem. Air danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber tenaga PLTA Singkarak di Lubuk Agung. Biasanya, PLTA terletak di pinggir danau atau bendungan ya, disini berbeda. Air dari danau singkarak dialirkan melalui terowongan panjang menembus bukit barisan sampai ke lokasi PLTA. Keren bukan?

  

Sejarah Danau Singkarak

Danau ini termasuk jenis danau tektonik, yaitu danau yang terbentuk karena aktivitas lempeng bumi. Letaknya memang ada di atas bagian sesar sumatera, tepatnya di cekungan Singkarak-Solok. Luas danau Singkarak kurang lebih 11.200 hektar, dengan panjang sekitar 20 KM. Kedalaman danau Singkarak yang terukur paling dalam adalah 268 meter, dengan lebar maksimal sekitar 6.5 KM. Jadi bentuk danau ini lebih memanjang.

Pada tahun 1992, pemerintah membangun PLTA Singkarak dan terowongan air sepanjang 19 KM. Terowongan ini menembus bukit barisan, dan digunakan sebagai sumber daya PLTA. Ernst Haeckel, seorang biologist asal Jerman, dsebut-sebut sebagai salah satu orang pertama yang mengenalkan keindahan danau Singkarak ke dunia luas. Pada tahun 1905, Ernst Haeckel melakukan penelitian disini. Lukisan yang menggambarkan kondisi danau saat itu, menjadi salah satu lukisan pertama yang tentang danau singkarak yang dikenal luas.

Wisata Danau Singkarak

Selain menjadi sumber tenaga PLTA, wisata danau singkarak juga cukup dikenal di kalangan turis domestik. Pemandangan alam yang ada disini bakal bikin kita betah. Bentang air yang luas dibingkai oleh barisan perbukitan hijau di pinggir danau. Selain itu, mudah untuk dijangkau. Pengunjung juga bisa mengelilingi danau dengan mudah, karena memang letak jalan raya langsung menyusuri pinggir danau. Sejauh ini, belum ada spot yang khusus sebagai pusat wisata danau Singkarak. Tapi ngga masalah, banyak terdapat tempat-tempat indah disepanjang danau ini. Anda ngga bakal keberatan tentunya berkeliling danau, jika terdapat pemandangan indah dan suasana adem yang menemani. Hal yang bisa anda lakukan disini; berenang di danau, memancing, bersampan mengelilingi danau, atau sekedar ngadem di pinggir danau menikmati pemandangan. Selain itu juga banyak terdapat warung dan tempat makan untuk ber-kuliner ria.

Lokasi Danau Singkarak

Danau Singkarak terletak di antara kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Area danau ini memang masuk kedalam wilayah dua kabupaten tersebut. Dari kota Padang, jaraknya kurang lebih 70 KM. Jika anda menggunakan rute Solok, waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam. Jika melalui Padang Panjang, waktu tempuhnya kurang lebih 3 jam. Rute padang panjang bisa diambil jika anda memang mau ke bukit tinggi terlebih dulu.

Akses Menuju Danau Singkarak

Dari kota Padang, ada beberapa alternatif angkutan ke danau singkarak yang bisa digunakan (sumber).

  • Menggunakan mini bus. Dari kota padang, naik minibus dari pool mobil Jasa Malindo, lalu naik minibus ke kota Solok. Lalu disambung naik angkot ke arah Singkarak Tembok dan Tikakak.
  • Menggunakan mobil travel ataupun sewa mobil langsung dari Padang. Alternatif ini tentunya akan lebih nyaman untuk anda.
Source https://www.nativeindonesia.com https://www.nativeindonesia.com/danau-singkarak/https://www.nativeindonesia.com/danau-singkarak/
Comments
Loading...